Putri, Jasmine Ardinda (2024) PERANCANGAN MEKANIK QUEST DAN NARASI FIKSI SEJARAH RA KARTINI MENGENAI EMANSIPASI WANITA PADA GAME “DIVIJA” (GAME DESIGNER). Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.
![PERANCANGAN MEKANIK QUEST DAN NARASI FIKSI SEJARAH RA KARTINI MENGENAI EMANSIPASI WANITA PADA GAME “DIVIJA” (GAME DESIGNER) [thumbnail of PERANCANGAN MEKANIK QUEST DAN NARASI FIKSI SEJARAH RA KARTINI MENGENAI EMANSIPASI WANITA PADA GAME “DIVIJA” (GAME DESIGNER)]](https://repository.polimedia.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Laporan TA JasmineArdindaPutri.pdf
Download (601kB)
Abstract
This research aims to design the mechanics of quests and a historical fiction
narrative focusing on RA Kartini and her struggle for women's emancipation in
Indonesia, implemented in the game "Divija". The game is designed to educate
players about the values of RA Kartini's struggle through an interactive and
immersive gameplay experience. The developed quest mechanics combine
historical elements with engaging gameplay, allowing players to follow RA
Kartini's journey in advocating for women's rights. The narrative is integrated with
the quest mechanics to create a cohesive and captivating gaming experience.
Through interactions with characters and events in the game, players are expected
to feel RA Kartini's spirit of struggle and understand its impact on the development
of women's rights in Indonesia. The results of this design show that the integration
of historical elements with interactive gameplay can increase players' interest in
and understanding of the history of women's emancipation.
Penelitian ini bertujuan untuk merancang mekanik quest dan narasi fiksi sejarah
yang berfokus pada RA Kartini dan perjuangannya dalam emansipasi wanita di
Indonesia, yang diimplementasikan pada game "Divija". Game ini dirancang untuk
mengedukasi pemain tentang nilai-nilai perjuangan RA Kartini melalui pengalaman
bermain yang interaktif dan mendalam. Mekanik quest yang dikembangkan
menggabungkan elemen-elemen sejarah dengan gameplay yang menarik,
memungkinkan pemain untuk mengikuti perjalanan RA Kartini dalam
memperjuangkan hak-hak wanita. Narasi ini diintegrasikan dengan mekanik quest
untuk menciptakan pengalaman bermain yang kohesif dan menarik. Melalui
interaksi dengan karakter-karakter dan peristiwa dalam game, pemain diharapkan
dapat merasakan semangat perjuangan RA Kartini dan memahami dampaknya
terhadap perkembangan hak-hak wanita di Indonesia. Hasil dari perancangan ini
menunjukkan bahwa penggabungan elemen sejarah dengan mekanik quest yang
interaktif dapat meningkatkan minat dan pemahaman pemain tentang sejarah
emansipasi wanita dengan tingkat keberhasilannya mencapai 88,2%.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | 1. Rudi Cahyadi, M.T. ; 2. Ilham Khalid Setiawan, ST. |
Uncontrolled Keywords: | Women's emancipation, level design, quest mechanics, historical fiction narrative, RA Kartini, gameplay, Emansipasi wanita, desain level, mekanik quest, narasi fiksi sejarah, RA Kartini, desainer game |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan tinggi, unversitas 700 - Seni dan Rekreasi > 770 Seni fotografi, komputer, film, video > 776 Seni komputer (seni digital) |
Divisions: | Jurusan Desain > Program Studi Teknologi Permainan |
Depositing User: | Perpustakaan Polimedia |
Date Deposited: | 12 Feb 2025 06:58 |
Last Modified: | 12 Feb 2025 06:58 |
URI: | https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/72 |