Fadila, Syifa Rachmi (2024) PERANCANGAN VISUAL GUIDELINES PADA AKUN INSTAGRAM DITJEN DIKTI DALAM UPAYA KONSISTENSI DESAIN DAN MEMPERKUAT BRAND IMAGE. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.
![PERANCANGAN VISUAL GUIDELINES PADA AKUN INSTAGRAM DITJEN DIKTI DALAM UPAYA KONSISTENSI DESAIN DAN MEMPERKUAT BRAND IMAGE [thumbnail of PERANCANGAN VISUAL GUIDELINES PADA AKUN INSTAGRAM DITJEN DIKTI DALAM UPAYA KONSISTENSI DESAIN DAN MEMPERKUAT BRAND IMAGE]](https://repository.polimedia.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
LAPORAN TA SYIFA RACHMI-1-14.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
Abstract
Media sosial menjadi sarana komunikasi strategis bagi instansi pemerintah,
termasuk Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi yang bertanggung jawab atas
pendidikan tinggi di Indonesia. Penulisan tugas karya akhir ini membahas proses
perancangan Visual Guidelines Ditjen Dikti di Instagram untuk meningkatkan
konsistensi desain dan memperkuat brand image, menggunakan metode design
thinking yang berpusat pada pengguna. Metode ini melibatkan riset untuk
memahami pengalaman pengguna Instagram Dikti, mengidentifikasi area yang
perlu diperbaiki, dan merumuskan strategi desain. Prototype desain kemudian
dibuat dan diuji persepsinya mengenai visualnya dalam meningkatkan konsistensi,
keterbacaan, dan kesesuaian desain. Pengujian menunjukkan desain dengan visual
guidelines baru lebih disukai responden dibandingkan dengan versi sebelumnya.
Hal ini menunjukkan bahwa pendekatan design thinking yang berpusat pada
pengguna telah berhasil meningkatkan konsistensi desain dan memperkuat brand
image Ditjen Dikti di Instagram.
Social media has become a strategic communication tool for government agencies,
including the Directorate General of Higher Education, which is responsible for
higher education in Indonesia. The writing of this final project discusses the design
process of the Directorate General of Higher Education's Visual Guidelines on
Instagram to improve design consistency and strengthen brand image, using the
user-centered design thinking method. This method involves research to understand
the user experience of Instagram, identify areas for improvement, and formulate a
design strategy. Design prototypes were then created and tested for visual
perception to improve design consistency, readability, and appropriateness. The
test showed that the design with the new Visual Guidelines was preferred by
respondents compared to the previous version. This shows that the user-centered
design thinking approach has succeeded in improving design consistency and
strengthening Directorate General of Higher Education's brand image on
Instagram.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | 1. Sartika Ekadyasa, M.I.Kom. ; 2. R. Sulistiyo Wibowo, M.Sn. |
Uncontrolled Keywords: | Visual Guidelines, Brand Image, Ditjen Dikti, Instagram, Desain, Design |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan tinggi, unversitas 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 650 Manajemen dan hubungan masyarakat > 659 Periklanan dan hubungan masyarakat |
Divisions: | Jurusan Penerbitan > Program Studi Periklanan |
Depositing User: | Perpustakaan Polimedia |
Date Deposited: | 20 Mar 2025 03:30 |
Last Modified: | 20 Mar 2025 03:30 |
URI: | https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/723 |