Arifin, Muhammad Agistra (2024) PENGEMBANGAN PERMAINAN TRIVIA EDUKASI 2D “SICERDIK”. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.
![PENGEMBANGAN PERMAINAN TRIVIA EDUKASI 2D “SICERDIK” [thumbnail of PENGEMBANGAN PERMAINAN TRIVIA EDUKASI 2D “SICERDIK”]](https://repository.polimedia.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
TA_D4_Muhammad Agistra Arifin_20210048_Astrapi Studio -1-12.pdf
Download (719kB)
Abstract
This research focuses on the development of an innovative educational
game called "SI Cerdik," which is designed to strengthen students' understanding
and skills in various subjects. "SICERDIK" is a gaming application that combines
game elements with educational content, creating a fun and effective interactive
learning tool. Using the GDLC (Game Development Life Cycle) development
methodology, this research began with an analysis of user needs and curriculum to
determine appropriate content. Game design includes creating engaging storylines,
interactive characters, and challenging game mechanics. Development involves
prototyping and initial testing, followed by implementation that integrates
feedback from users into the final version of the game. Evaluation is carried out
through trials with students and analysis of the game's impact on their learning
outcomes. The results showed that "SI Smart" significantly increased students'
learning motivation and understanding. This game was well received by students
and teachers as an innovative learning aid, showing great potential as an effective
alternative learning medium in education.
Penelitian ini berfokus pada pengembangan game edukasi inovatif bernama "SI
Cerdik," yang dirancang untuk memperkuat pemahaman dan keterampilan siswa
dalam berbagai mata pelajaran. "SICERDIK" adalah aplikasi game yang
menggabungkan elemen permainan dengan konten pendidikan, menciptakan alat
pembelajaran interaktif yang menyenangkan dan efektif. Menggunakan
metodologi pengembangan GDLC (Game Development Life Cycle), penelitian ini
dimulai dengan analisis kebutuhan pengguna dan kurikulum untuk menentukan
konten yang tepat. Desain game mencakup penciptaan alur cerita yang menarik,
karakter yang interaktif, dan mekanisme permainan yang menantang.
Pengembangan melibatkan pembuatan prototipe dan pengujian awal, diikuti
dengan implementasi yang mengintegrasikan umpan balik dari pengguna ke
dalam versi final game. Evaluasi dilakukan melalui uji coba kepada siswa dan
analisis dampak game terhadap hasil belajar mereka. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa "SI Cerdik" secara signifikan meningkatkan motivasi belajar
dan pemahaman siswa. Game ini diterima dengan baik oleh siswa dan guru
sebagai alat bantu pembelajaran yang inovatif, menunjukkan potensi besar sebagai
media pembelajaran alternatif yang efektif dalam pendidikan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | 1. Yeni Nurhasanah, S.Pd.,M.T., Pembimbing I ; 2. Prilly Fitria Aziz, S.Kom., M.Kom., Pembimbing II |
Uncontrolled Keywords: | Randomization of questions, Unity, quiz education, Pengacakan soal, SICERDIK, Unity, pendidikan kuis |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan tinggi, unversitas 700 - Seni dan Rekreasi > 770 Seni fotografi, komputer, film, video > 776 Seni komputer (seni digital) |
Divisions: | Jurusan Desain > Program Studi Teknologi Permainan |
Depositing User: | Perpustakaan Polimedia |
Date Deposited: | 12 Feb 2025 06:58 |
Last Modified: | 12 Feb 2025 06:58 |
URI: | https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/74 |