AUWALIYAH, FATIMAH FITRIYAH (2024) PERANCANGAN GAME EDUKASI “ECORIVER RESCUE” SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PENYELAMATAN SUNGAI DARI LIMBAH SAMPAH. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.
![PERANCANGAN GAME EDUKASI “ECORIVER RESCUE” SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PENYELAMATAN SUNGAI DARI LIMBAH SAMPAH [thumbnail of PERANCANGAN GAME EDUKASI “ECORIVER RESCUE” SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PENYELAMATAN SUNGAI DARI LIMBAH SAMPAH]](https://repository.polimedia.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
laporan tugas akhir copy1.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
Abstract
ABSTRACT
This study designed and tested an educational Android game application called
"EcoRiver Rescue" using Unity 2D for early childhood students at TK RA Al-Falah,
focusing on teaching river conservation from waste pollution. The research
employed a mixed-method approach, combining qualitative interviews and
observations with quantitative analysis of questionnaire data from students and
teachers. The results indicated that the application effectively enhances children's
understanding of the importance of maintaining river cleanliness and
environmental issues. Questionnaire evaluations showed high satisfaction levels
and the application's effectiveness in supporting educational learning. The study's
contribution lies in developing environmental education through technology,
fostering early environmental awareness, and providing a foundation for future
development of similar educational games. This application serves as an important
reference for developers, teachers, and parents in integrating technology into
children's education for more interactive learning experiences.
ABSTRAK
Penelitian ini merancang dan menguji aplikasi game edukasi berbasis Android
bernama "EcoRiver Rescue" menggunakan Unity untuk anak usia dini di TK RA
Al-Falah, dengan fokus pada pembelajaran penyelamatan sungai dari limbah.
Metode penelitian menggabungkan pendekatan kualitatif melalui wawancara dan
observasi serta pendekatan kuantitatif dengan analisis dokumen hasil kuesioner dari
siswa dan guru. Hasilnya menunjukkan bahwa aplikasi efektif meningkatkan
pemahaman anak-anak tentang pentingnya menjaga kebersihan sungai dan masalah
lingkungan. Evaluasi kuesioner menunjukkan tingkat kepuasan tinggi dan
efektivitas aplikasi dalam mendukung pembelajaran edukatif. Kontribusi penelitian
ini adalah pada pengembangan pendidikan lingkungan melalui teknologi,
membangun kesadaran lingkungan sejak dini, dan memberikan dasar bagi
pengembangan game edukasi serupa di masa depan. Aplikasi ini menjadi referensi
penting bagi pengembang, guru, dan orang tua dalam mengintegrasikan teknologi
dalam pendidikan anak-anak untuk pembelajaran interaktif.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | 1. Yeni Nurhasanah, S.Pd., M.T. ; 2. Prilly Fitria Aziz, M.Kom. |
Uncontrolled Keywords: | Educational game, preschool, river rescue, Game edukasi, Game 2D, PAUD, Penyelamatan sungai |
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan tinggi, unversitas |
Divisions: | Jurusan Desain > Program Studi Teknologi Rekayasa Multimedia |
Depositing User: | Perpustakaan Polimedia |
Date Deposited: | 10 Apr 2025 02:02 |
Last Modified: | 10 Apr 2025 02:02 |
URI: | https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/741 |