ATHALLA FAHLIFI, FEIZA (2024) PERANCANGAN SISTEM PEMBELAJARAN HURUF ALFABET BERBASIS GAME EDUKASI UNTUK MEMBANTU PEMBELAJARAN ANAK-ANAK BIMBA AIUEO. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.
![PERANCANGAN SISTEM PEMBELAJARAN HURUF ALFABET BERBASIS GAME EDUKASI UNTUK MEMBANTU PEMBELAJARAN ANAK-ANAK BIMBA AIUEO [thumbnail of PERANCANGAN SISTEM PEMBELAJARAN HURUF ALFABET BERBASIS GAME EDUKASI UNTUK MEMBANTU PEMBELAJARAN ANAK-ANAK BIMBA AIUEO]](https://repository.polimedia.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
LAPORAN TUGAS AKHIR - FEIZA ATHALLA FAHLIFI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (1MB)
Abstract
The rapid development of technology has significantly impacted life,
especially for children who need guidance. Excessive gadget use can alter a child's
behavior, making them apathetic and dependent. To enhance learning interest,
BIMBA AIUEO proposes using an Android-based educational game as a medium
for teaching alphabet letters to children aged 3-6 years. This study designs an
educational game application featuring writing, reading, listening to alphabet
letters, and matching letter games. With engaging visuals and interactive audio,
this game aims to increase learning interest and provide an enjoyable learning
experience. The game development uses the Game Development Life Cycle (GDLC)
method, and testing results show the application runs well on various devices with
positive user responses. The author suggests further development by adding levels
such as quizzes or guessing games and expanding compatibility to iOS devices.
Perkembangan teknologi yang pesat telah mempengaruhi kehidupan,
terutama anak-anak yang memerlukan bimbingan. Penggunaan gadget yang
berlebihan dapat mengubah perilaku anak menjadi apatis dan tergantung. Untuk
meningkatkan minat belajar, BIMBA AIUEO mengusulkan game edukasi berbasis
Android sebagai media pembelajaran huruf alfabet bagi anak-anak usia 3-6 tahun.
Penelitian ini merancang aplikasi game edukasi dengan fitur menulis, membaca,
mendengarkan huruf alfabet, dan permainan mencocokkan huruf. Dengan visual
menarik dan audio interaktif, game ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar
dan memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan. Pengembangan game
ini menggunakan metode Game Development Life Cycle (GDLC), dan hasil
pengujian menunjukkan aplikasi berjalan baik di berbagai perangkat dengan
tanggapan positif dari pengguna. Penulis menyarankan pengembangan lebih lanjut
dengan menambahkan level seperti kuis atau tebak gambar, serta memperluas
kompatibilitas ke perangkat iOS.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | 1. Herly Nurrahmi, S.Si, M.Kom. ; 2. Dwi Mandasari Rahayu, S.P., MM. |
Uncontrolled Keywords: | Educational game, Alphabet learning, Game edukasi, Android, Pembelajaran Huruf Alfabet |
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan tinggi, unversitas |
Divisions: | Jurusan Desain > Program Studi Teknologi Rekayasa Multimedia |
Depositing User: | Perpustakaan Polimedia |
Date Deposited: | 10 Apr 2025 02:08 |
Last Modified: | 10 Apr 2025 02:08 |
URI: | https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/742 |