IMPLEMENTASI CHATBOT DENGAN METODE NATURAL LANGUAGE PROCESSING UNTUK PENINGKATAN INTERAKSI DAN PEMBERIAN INFORMASI KEPADA PELANGGAN DI CV PIRANTI INDONESIA

SULISTIO, IRGI RAMA (2024) IMPLEMENTASI CHATBOT DENGAN METODE NATURAL LANGUAGE PROCESSING UNTUK PENINGKATAN INTERAKSI DAN PEMBERIAN INFORMASI KEPADA PELANGGAN DI CV PIRANTI INDONESIA. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of IMPLEMENTASI CHATBOT DENGAN METODE NATURAL  LANGUAGE PROCESSING UNTUK PENINGKATAN  INTERAKSI DAN PEMBERIAN INFORMASI KEPADA  PELANGGAN DI CV PIRANTI INDONESIA] Text (IMPLEMENTASI CHATBOT DENGAN METODE NATURAL LANGUAGE PROCESSING UNTUK PENINGKATAN INTERAKSI DAN PEMBERIAN INFORMASI KEPADA PELANGGAN DI CV PIRANTI INDONESIA)
Laporan TA_Irgi Rama Sulistio_20240063 (1).pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

In today's rapidly advancing era of information technology, it is crucial for
companies to utilize the latest innovations to improve their services. This necessity
arises from the challenge of making customer service more efficient and effective
through the utilization of technology. This study aims to create and implement a
web-based chatbot using Natural Language Processing (NLP) techniques. NLP is
a branch of computer science that enables computers to understand human
language. The web-based NLP chatbot application is developed using the Laravel
Framework for the back-end and Bootstrap for the front-end interface development.
The research methodology employed is usability testing using a black box approach
to ensure that all functions operate correctly. By employing NLP, the chatbot is able
to understand and respond to user queries more swiftly. Testing results indicate an
SUS score of 84, a success rate of 90.62%, and an average time-based efficiency of
1.5 seconds. This demonstrates that the implementation of this NLP chatbot is
effective and reliable for improving interaction and information delivery at CV
Piranti Indonesia. This implementation enables the company to offer faster service
without time constraints.

Dalam era teknologi informasi yang terus berkembang, penting bagi sebuah
perusahaan untuk memanfaatkan inovasi terbaru dalam meningkatkan pelayanan.
Tantangan ini mendorong penelitian untuk membuat pelayanan pelanggan menjadi
lebih efisien dan efektif dengan memanfaatkan teknologi. Penelitian ini bertujuan
untuk mengembangkan dan mengimplementasikan chatbot berbasis website
menggunakan Metode Natural Language Processing (NLP). NLP adalah cabang
ilmu komputer yang memungkinkan komputer memahami bahasa manusia.
Aplikasi chatbot NLP berbasis website ini dibuat menggunakan Framework Laravel
untuk back-end, Bootstrap untuk pembuatan antarmuka aplikasi (front-end) dan
jQuery untuk meningkatkan interaktivitas aplikasi. Metode penelitian yang
digunakan adalah usability testing dengan pendekatan black box untuk memastikan
semua fungsi berjalan dengan baik. Dengan menggunakan NLP, chatbot dapat
memahami dan merespons pertanyaan pengguna secara lebih cepat. Hasil pengujian
menunjukkan nilai SUS sebesar 84, success rate sebesar 90,62%, dan efisiensi
waktu rata-rata 1,5 detik. memberikan kesimpulan bahwa penerapan chatbot NLP
ini layak digunakan dan diandalkan untuk meningkatkan interaksi dan pemberian
informasi di CV Piranti Indonesia. Implementasi ini memungkinkan perusahaan
untuk memberikan pelayanan yang lebih cepat tanpa batasan waktu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1. Herly Nurrahmi, S.Si., M.Kom. ; 2. Prily Fitria Aziz, S.Kom., M.Kom.
Uncontrolled Keywords: Natural Language Processing, Chatbot, Website-Based Application, Enhanced interaction and information delivery, Natural Language Processing, Chatbot, Aplikasi Berbasis Website, Meningkatkan interaksi dan pemberian informasi
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan tinggi, unversitas
Divisions: Jurusan Desain > Program Studi Teknologi Rekayasa Multimedia
Depositing User: Perpustakaan Polimedia
Date Deposited: 10 Apr 2025 02:11
Last Modified: 10 Apr 2025 02:11
URI: https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/744

Actions (login required)

View Item
View Item