ROSSA, ALYA (2024) PERANCANGAN APLIKASI AUGMENTED REALITY PENGENALAN HEWAN LAUT SPESIES MAMALIA PADA SDN SRENGSENG SAWAH 04 PAGI. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.
![PERANCANGAN APLIKASI AUGMENTED REALITY PENGENALAN HEWAN LAUT SPESIES MAMALIA PADA SDN SRENGSENG SAWAH 04 PAGI [thumbnail of PERANCANGAN APLIKASI AUGMENTED REALITY PENGENALAN HEWAN LAUT SPESIES MAMALIA PADA SDN SRENGSENG SAWAH 04 PAGI]](https://repository.polimedia.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
LAPORAN TUGAS AKHIR REVISI-Alya Rossa1.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (656kB)
Abstract
The lack of modern learning media at SDN Srengseng Sawah 04 Pagi hinders
students' understanding of mammal concepts, as traditional methods no longer
meet the needs of today's education. To address this issue, researchers developed
an Augmented Reality (AR) application that introduces marine mammal species to
students at the school. This study employs the MDLC (Multimedia Development
Life Cycle) development method, which includes the stages of concept, design,
material collection, production, testing, and distribution. Data was collected
through interviews with the Principal, Mrs. Hozanah, and the 5th-grade homeroom
teacher, Mrs. Nurul, as well as through observations at the school and study
literature. The application features 3D objects, educational content, and interactive
quizzes. The results of the study indicate that blackbox testing and questionnaires
confirm that the AR Marine Mammals application functions according to system
requirements and design. Blackbox testing shows that the application performs well
and received an average satisfaction rate of 96%, indicating that respondents found
the application to be an enjoyable and effective learning medium.
Kurangnya penggunaan media pembelajaran modern di SDN Srengseng Sawah 04
Pagi menghambat pemahaman siswa terhadap konsep hewan mamalia, karena
metode tradisional tidak lagi memadai untuk kebutuhan pendidikan saat ini. Untuk
mengatasi masalah ini, peneliti mengembangkan aplikasi Augmented Reality (AR)
yang memperkenalkan spesies mamalia laut kepada siswa di sekolah tersebut.
Penelitian ini menggunakan metode pengembangan MDLC (Multimedia
Development Life Cycle), yang mencakup tahapan konsep, desain, pengumpulan
bahan, produksi, uji coba, dan penyebaran. Data dikumpulkan melalui wawancara
dengan Kepala Sekolah Ibu Hozanah dan wali kelas 5 Ibu Nurul, serta melalui
observasi di sekolah dan studi literatur. Aplikasi ini menyediakan objek 3D, materi
pembelajaran, dan kuis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengujian
blackbox dan kuesioner menegaskan bahwa aplikasi AR Mamalia Bawah Laut
berfungsi sesuai kebutuhan dan desain sistem. Pengujian blackbox menunjukkan
bahwa aplikasi ini berfungsi dengan baik dan memperoleh rata-rata persentase
kepuasan sebesar 96%, yang menunjukkan bahwa responden menganggap aplikasi
ini sebagai media pembelajaran yang menyenangkan dan efektif.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | 1. Deni Kuswoyo, S.Kom., M.Kom. ; 2. Prily Fitria Azis, S.Kom., M.Kom. |
Uncontrolled Keywords: | Augmented Reality, Marine Mammal, MDLC, 3D Model, Mamalia Laut |
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan tinggi, unversitas |
Divisions: | Jurusan Desain > Program Studi Teknologi Rekayasa Multimedia |
Depositing User: | Perpustakaan Polimedia |
Date Deposited: | 10 Apr 2025 02:12 |
Last Modified: | 10 Apr 2025 02:12 |
URI: | https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/745 |