PERANCANGAN APLIKASI “TAHFIDZ AR” BERBASIS AUGMENTED REALITY SEBAGAI MOTIVASI DALAM MENGHAFAL AL-QUR’AN PROYEK AKHIR

Rijal Khoiri, Muhamad Fachreza (2024) PERANCANGAN APLIKASI “TAHFIDZ AR” BERBASIS AUGMENTED REALITY SEBAGAI MOTIVASI DALAM MENGHAFAL AL-QUR’AN PROYEK AKHIR. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of PERANCANGAN APLIKASI “TAHFIDZ AR” BERBASIS  AUGMENTED REALITY SEBAGAI MOTIVASI DALAM  MENGHAFAL AL-QUR’AN  PROYEK AKHIR] Text (PERANCANGAN APLIKASI “TAHFIDZ AR” BERBASIS AUGMENTED REALITY SEBAGAI MOTIVASI DALAM MENGHAFAL AL-QUR’AN PROYEK AKHIR)
Revisi_M. Fachreza Rijal (1).pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (690kB)

Abstract

The design of the “Tahfidz AR” application based on Augmented Reality (AR) aims
to increase motivation and effectiveness in memorizing the Qur'an by providing 3D
visualization and interactive audio. This application, designed for children, offers
an enjoyable and immersive learning experience with features such as progress
assessment, memorization tips, and educational games.
The challenge faced is how to create the “Tahfidz AR” application based on
Augmented Reality as a motivation for memorizing the Qur'an. To address this
issue, the author uses theories of Augmented Reality, Qur'an memorization
(tahfidz), and Juz 30 (Juz Amma). The development method used is the Multimedia
Development Life Cycle (MDLC), and the Likert scale is used to measure user
satisfaction and motivation. The final result is the "Tahfidz AR" application, which
is expected to increase engagement and learning motivation and have a positive
impact on the ability to memorize the Qur'an.

Perancangan aplikasi “Tahfidz AR” berbasis Augmented Reality (AR) bertujuan
meningkatkan motivasi dan efektivitas menghafal Al-Qur'an dengan menyediakan
visualisasi 3D dan audio interaktif. Aplikasi ini, dirancang untuk anak-anak,
menawarkan pengalaman belajar yang menyenangkan dan mendalam dengan fitur
fitur seperti penilaian kemajuan, tips menghafal, dan permainan edukatif.
Masalah yang dihadapi adalah bagaimana membuat aplikasi “Tahfidz AR” berbasis
Augmented Reality sebagai motivasi dalam menghafal Al-Qur’an. Untuk
mengatasi masalah ini, penulis menggunakan teori Augmented Reality, tahfidz Al
Qur'an, dan Juz 30 (Juz Amma). Metode pengembangan yang digunakan adalah
Multimedia Development Life Cycle (MDLC), dan skala Likert digunakan untuk
mengukur kepuasan dan motivasi pengguna. Hasil akhir adalah aplikasi "Tahfidz
AR" yang diharapkan dapat meningkatkan keterlibatan dan motivasi belajar serta
memberikan dampak positif pada kemampuan menghafal Al-Qur'an.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1. Rudy Cahyadi,S.Si, MT. ; 2. Nofiandri Setyasmara, M.T.
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality, Application Design, Perancangan Aplikasi
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan tinggi, unversitas
Divisions: Jurusan Desain > Program Studi Teknologi Rekayasa Multimedia
Depositing User: Perpustakaan Polimedia
Date Deposited: 10 Apr 2025 02:14
Last Modified: 10 Apr 2025 02:14
URI: https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/746

Actions (login required)

View Item
View Item