NUR KHALIFAH, SITI (2024) UJI PENERIMAAN PASAR TERHADAP PRODUK GOER GLAMOUR SEBAGAI INOVASI DESSERT FUSION FOOD KEKINIAN. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.
![UJI PENERIMAAN PASAR TERHADAP PRODUK GOER GLAMOUR SEBAGAI INOVASI DESSERT FUSION FOOD KEKINIAN [thumbnail of UJI PENERIMAAN PASAR TERHADAP PRODUK GOER GLAMOUR SEBAGAI INOVASI DESSERT FUSION FOOD KEKINIAN]](https://repository.polimedia.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Berkas Tugas Akhir Lengkap-Siti nur khalifah-Seni kuliner-1-17.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
Abstract
Market acceptance test is an individual assessment of the properties and quality od
ingredients so that it can give people a preference to find out whether a commodity
or certain sensory properties are acceptable to the public. The “Goer Glamour”
product is a fusion food innovation product by utilizing traditional bajigur drinks
which are used as choux au craquelin filling. The purpose of this study is so
determine the results of distributing questionnaires to buyers of “Goer Glamour”
products. The indicators contained in the questionnaire are taste, packaging,
product price, purchase intention, and positioning. Based on the overall indicators,
it is concluded that buyers like “Goer Glamour” products. However, there are
several aspects in packaging that get an unfavorable assessment in the from of
information about “Goer Glamour” products that are clearly stated on the
packaging, packaging on “Goer Glamour”products has reflected the value or
identity of the product well, and packaging on “Goer Glamour” products can be
airtight. Sales of “Goer Glamour” products were carried out for 20 days, so it can
be concluded that the market acceptance test of “Goer Glamour” products was
successful because the sales target was 64 products and 65 products were sold.
Keyword : Market acceptance test, Goer Glamour, Bjigur Choux au craquelin
Uji penerimaan pasar adalah penilaian individu terhadap sifat dan kualitas bahan
sehingga dapat memberikan kesukaan pada orang untuk mengetahui apakah suatu
komoditas atau sifat sensorik tertentu dapat diterima oleh masyarakat. Produk
“Goer Glamour” merupakan produk inovasi fusion food dengan memanfaatkan
minuman tradisional bajigur yang dijadikan sebagai filling choux au craquelin.
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hasil dari uji penerimaan pasar pada
produk “Goer Glamour” di pasar apakah diterima di pasaran atau tidak. Penelitian
ini dilakukan menggunakan metode menyebarkan kuesioner kepada pembeli
produk “Goer Glamour”. Indikator yang terdapat pada kuesioner adalah cita rasa,
packaging, harga produk, minat beli, dan positioning. Berdasarkan indikator
keseluruhan disimpulkan bahwa pembeli menyukai produk “Goer Glamour”.
Namun, terdapat beberapa aspek dalam packaging yang mendapat penilaian kurang
baik berupa informasi mengenai produk “Goer Glamour” sudah jelas tertera pada
packaging, packaging pada produk “Goer Glamour” sudah mencerminkan nilai atau
identitas produk dengan baik, dan packaging pada produk “Goer Glamour” dapat kedap
udara. Penjualan produk “Goer Glamour” dilakukan selama 20 hari, sehingga dapat
disimpulkan bahwa uji penerimaan pasar produk “Goer Glamour” berhasil karna
target penjualan 64 produk dan yang terjual mencapai 65 produk.
Kata kunci : uji penerimaan pasar, Goer Glamour, Bajigur, Choux au
craquelin
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | Swastono Putro Pirastyo, S.Par., M.Par., selaku Dosen Pembimbing 1 M. Ridwan, S.Ikom., M.M., selaku Dosen Pembimbing 2 |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan tinggi, unversitas |
Divisions: | Jurusan Pariwisata > Program Studi Seni Kuliner |
Depositing User: | Perpustakaan Polimedia |
Date Deposited: | 12 Feb 2025 06:47 |
Last Modified: | 12 Feb 2025 06:47 |
URI: | https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/75 |