IZZATI FAUZI, MUTHIA (2024) PERANCANGAN MEDIA PERMAINAN EDUKATIF PENGENALAN HEWAN BERBASIS AUGMENTED REALITY PADA TAMAN KANAK-KANAK AL-AZHAR SYIFA BUDI JATIBENING. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.
![PERANCANGAN MEDIA PERMAINAN EDUKATIF PENGENALAN HEWAN BERBASIS AUGMENTED REALITY PADA TAMAN KANAK-KANAK AL-AZHAR SYIFA BUDI JATIBENINGPERANCANGAN MEDIA PERMAINAN EDUKATIF PENGENALAN HEWAN BERBASIS AUGMENTED REALITY PADA TAMAN KANAK-KANAK AL-AZHAR SYI [thumbnail of PERANCANGAN MEDIA PERMAINAN EDUKATIF PENGENALAN HEWAN BERBASIS AUGMENTED REALITY PADA TAMAN KANAK-KANAK AL-AZHAR SYIFA BUDI JATIBENINGPERANCANGAN MEDIA PERMAINAN EDUKATIF PENGENALAN HEWAN BERBASIS AUGMENTED REALITY PADA TAMAN KANAK-KANAK AL-AZHAR SYI]](https://repository.polimedia.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Laporan TA Muthia Izzati Fauzi.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (1MB)
Abstract
There is a phenomenon of the lack of use of educational game media that utilizes
technology in the learning process. This also happened at Al-Azhar Syifa Budi
Kindergarten Jatibening. This research aims to design educational game media that
utilizes Augmented Reality technology in the form of Animal’s AR applications
aimed at Al-Azhar Syifa Budi Kindergarten Jatibening. Animal’s AR application is
designed using the ADDIE development model with 5 stages. Testing the Animal’s
AR application application to users using the USE Questionnaire method which
includes 5 aspects for testing the usability of the Animal’s AR application. From the
results of the trial, the Animal’s AR application received an average usability score
of 92% ≥ 50% which is included in the "Good" category. Based on this, the Animal’s
AR application can be used as a reference for the use of educational game media
that utilizes technology in the early childhood learning process, especially at the
Kindergarten level.
Terdapat fenomena kurangnya penggunaan media permainan edukatif yang
memanfaatkan teknologi dalam proses pembelajaran. Hal tersebut juga terjadi di
Taman Kanak-Kanak Al-Azhar Syifa Budi Jatibening. Penelitian ini bertujuan
untuk merancang media permainan edukatif yang memanfaatkan teknologi
Augmented Reality berupa aplikasi Animal’s AR yang ditujukan untuk Taman
Kanak-Kanak Al-Azhar Syifa Budi Jatibening. Aplikasi Animal’s AR dirancang
menggunakan model pengembangan ADDIE dengan 5 tahapan. Pengujian aplikasi
aplikasi Animal’s AR kepada pengguna menggunakan metode USE Questionnaire
yang mencakup kepada 5 aspek untuk pengujian usability aplikasi Animal’s AR.
Dari hasil uji coba tersebut, aplikasi Animal’s AR mendapat nilai rata-rata usability
92% ≥ 50% yang termasuk dalam kategori “Baik”. Berdasarkan hal tersebut aplikasi
Animal’s AR, dapat dijadikan sebagai referensi penggunaan media permainan
edukatif yang memanfaatkan teknologi dalam proses pembelajaran anak usia dini
khususnya pada jenjang Taman Kanak-Kanak.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | 1. Sari Setyaning Tyas, S.Kom., M.Ti. ; 2. Herly Nurrahmi, S.Si., M.Kom. |
Uncontrolled Keywords: | Learning, Educational, Technology, Pembelajaran, Edukatif, Teknologi, ADDIE |
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan tinggi, unversitas |
Divisions: | Jurusan Desain > Program Studi Teknologi Rekayasa Multimedia |
Depositing User: | Perpustakaan Polimedia |
Date Deposited: | 10 Apr 2025 04:32 |
Last Modified: | 10 Apr 2025 04:32 |
URI: | https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/750 |