PENGEMBANGAN MEDIA APLIKASI INTERAKTIF UNTUK PENGENALAN BIOTA LAUT BERBASIS ANDROID

DINDA DJAYUSTIKA, RAMANDA (2024) PENGEMBANGAN MEDIA APLIKASI INTERAKTIF UNTUK PENGENALAN BIOTA LAUT BERBASIS ANDROID. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MEDIA APLIKASI INTERAKTIF UNTUK  PENGENALAN BIOTA LAUT BERBASIS ANDROID] Text (PENGEMBANGAN MEDIA APLIKASI INTERAKTIF UNTUK PENGENALAN BIOTA LAUT BERBASIS ANDROID)
Revisi TA after sidang_Ramanda Dinda Djayustika.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (865kB)

Abstract

Laut Nusantara application is an android-based marine biota introduction media
that can help students in recognizing marine biota and improve student learning
interactively. System Development Method, the design of this application uses the
MDLC (Multimedia Development Life Cycle) development model. Data collection
in making this application the author uses interviews, literature studies, and
observations. After conducting direct implementation, the author collects feedback.
Feedback shows that students get high enthusiasm for the use of android-based
applications for the introduction of marine life in Indonesia. This application is also
able to invite students to be directly involved in the introduction process and
increase student learning motivation in learning to build space and learning using
android.

Aplikasi Laut Nusantara merupakan media pengenalan biota laut berbasis android
yang dapat membantu siswa dalam mengenal biota laut dan meningkatkan belajar
siswa secara interaktif. Metode Pengembangan Sistem, perancangan aplikasi ini
menggunakan model pengembangan MDLC (Multimedia Development Life Cycle).
Pengumpulan data dalam pembuatan aplikasi ini penulis menggunakan wawancara,
studi literatur, dan observasi. Setelah melakukan implementasi secara langsung,
penulis melakukan pengumpulan umpan balik. Umpan balik menunjukan bahwa
siswa mendapatkan antusias yang tinggi untuk penggunaan aplikasi berbasis
android untuk pengenalan biota laut di Indonesia. Aplikasi ini juga mampu
mengajak siswa terlibat langsung dalam proses pengenalan dan meningkatkan
motivasi belajar siswa dalam pembelajaran bangun ruang maupun pembelajaran
menggunakan android.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1. Trifajar Yurmama S, M.T. ; 2. Dwi Mandasari Rahayu, M.M.
Uncontrolled Keywords: Marine Biota, Interactive Application, Android, Biota Laut, Aplikasi Interaktif
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan tinggi, unversitas
Divisions: Jurusan Desain > Program Studi Teknologi Rekayasa Multimedia
Depositing User: Perpustakaan Polimedia
Date Deposited: 10 Apr 2025 06:06
Last Modified: 10 Apr 2025 06:06
URI: https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/757

Actions (login required)

View Item
View Item