ELISABETH PURBA, ELSA MARSELIA (2024) PENGEMBANGAN APLIKASI AUGMENTED REALITY PADA BUKU “MIKO & RUPIAH MARI MENGENAL UANG” UNTUK ANAK SD. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.
![PENGEMBANGAN APLIKASI AUGMENTED REALITY PADA BUKU “MIKO & RUPIAH MARI MENGENAL UANG” UNTUK ANAK SD [thumbnail of PENGEMBANGAN APLIKASI AUGMENTED REALITY PADA BUKU “MIKO & RUPIAH MARI MENGENAL UANG” UNTUK ANAK SD]](https://repository.polimedia.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Laporan TA_Elsa Marselia.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (376kB)
Abstract
The current issue and problem is that Indonesian students' literacy skills are still
very low compared to other countries. Several studies on reading interest have been
conducted by several researchers. Introducing the concept of financial literacy to
children from an early age will help them develop the ability to manage finances
well in the future. To help grade 1 students overcome the lack of introduction to
money, they can use the Miko & Rupiah book developed with technology, namely
Augmented Reality. The material in the book is made in the form of motion with
interesting audio visuals. This application can help students about the introduction
of money, and help some children who are less able to read as well. Students can
get money recognition material by watching videos in the application. Augmented
reality is very useful in improving the teaching and learning process because
Augmented Reality technology has entertainment aspects that can upload the
interest of students to understand the material presented through a three-
dimensional visual representation by involving user interaction in the Augmented
Reality frame.
Isu dan permasalahan saat ini bahwa kemampuan literasi siswa Indonesia masih
sangat rendah dibandingkan dengan negara-negara lain. Beberapa penelitian
tentang minat membaca telah dilakukan oleh beberapa peneliti. Memperkenalkan
konsep literasi keuangan kepada anak sejak usia dini akan membantu mereka
mengembangkan kemampuan untuk mengelola keuangan dengan baik di masa
depan. Untuk membantu siswa kelas 1 dalam mengatasi kurangnya pengenalan
mengenai uang, dapat menggunakan buku Miko & Rupiah yang dikembangkan
dengan teknologi yaitu Augmented Reality. Materi yang ada dalam buku dijadikan
dalam bentuk motion dengan audio visual yang menarik. Aplikasi ini dapat
membantu siswa tentang pengenalan uang, dan membantu beberapa anak yang
kurang bisa membaca juga. Siswa bisa mendapat materi pengenalan uang dengan
menonton video yang ada dalam aplikasi. Augmented reality sangat bermanfaat
dalam meningkatkan proses belajar mengajar karena teknologi Augmented Reality
memiliki aspek-aspek hiburan yang dapat menggunggah minat peserta didik untuk
memahami materi yang disampaikan melalui representasi visual tiga dimensi
dengan melibatkan interaksi user dalam frame Augmented Reality.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | 1. Nofiandri Setyasmara, M.T. ; 2. Rudy Cahyadi, M.T. |
Uncontrolled Keywords: | Augmented Reality, Rupiah |
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan tinggi, unversitas |
Divisions: | Jurusan Desain > Program Studi Teknologi Rekayasa Multimedia |
Depositing User: | Perpustakaan Polimedia |
Date Deposited: | 10 Apr 2025 06:07 |
Last Modified: | 10 Apr 2025 06:07 |
URI: | https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/758 |