PENGEMBANGAN APLIKASI CERAMA MENGGUNAKAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS ANDROID

NUR APRIYANI, ANNE (2024) PENGEMBANGAN APLIKASI CERAMA MENGGUNAKAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS ANDROID. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of PENGEMBANGAN APLIKASI CERAMA MENGGUNAKAN  TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA  PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS ANDROID] Text (PENGEMBANGAN APLIKASI CERAMA MENGGUNAKAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS ANDROID)
FIX REVISI - Laporan TA_Anne Nur Apriyani_20240027.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (778kB)

Abstract

Learning Arabic has a different level of difficulty from other foreign languages.
Therefore, this greatly influences children's lack of interest and motivation in
learning Arabic. The learning method used at MIN 2 Johar Baru still uses books
and digital books, which causes learning to become boring and can reduce
children's learning motivation. This research was carried out with the aim of
designing and implementing an Android-based Augmented Reality application as a
new learning medium at MIN 2 Johar Baru in recognizing objects and fruits with
Arabic pronunciation that is interesting and not boring. In research (Rahmatika et
al, 2023), they successfully underwent the challenge of developing children's
sensitivity and enthusiasm for learning by using system prototypes and Augmented
Reality applications in the research method used, namely MDLC (Multimedia
Development Life Cycle). This application development displays 3D objects
through Augmented Reality features, interactive quizzes, and users can choose their
favorite fruit characters. In collecting data, this research carried out interviews,
observations, and black box testing and questionnaires to determine user needs for
the application using the MDLC method. The results of the questionnaire test
showed that 78% of student respondents and 81% of teacher respondents said that
the application was feasible and easy to use for Arabic language learning media.
The development of the Cerama application will be expanded as an alternative
interactive learning media for students at MIN 2 Johar Baru, Central Jakarta.

Mempelajari bahasa Arab memiliki perbedaan tingkat kesulitannya dengan bahasa
asing lainnya. Oleh karena itu, hal tersebut sangat mempengaruhi dengan
kurangnya minat dan motivasi belajar anak dalam mempelajari bahasa Arab.
Metode pembelajaran yang digunakan di MIN 2 Johar Baru masih menggunakan
buku dan buku digital, sehingga menyebabkan pembelajaran menjadi
membosankan dan dapat menurunkan motivasi belajar anak. Penelitian ini
dilakukan bertujuan untuk merancang dan mengimplementasi sebuah aplikasi
Augmented Reality berbasis Android sebagai media pembelajaran yang baru di
MIN 2 Johar Baru dalam pengenalan benda dan buah-buahan dengan pelafalan
bahasa Arab yang menarik dan tidak membosankan. Pada penelitian (Rahmatika et
al, 2023), berhasil menjalani tantangan dalam mengembangkan kepekaan dan
kegairahan anak untuk belajar dengan menggunakan prototipe sistem dan aplikasi
Augmented Reality pada metode penelitian yang digunakan yaitu Multimedia
Development Life Cycle. Pengembangan aplikasi ini menampilkan objek 3D
melalui fitur Augmented Reality, kuis interaktif, dan pengguna dapat memilih
karakter buah-buahan kesukaan pengguna. Dalam pengumpulan data, penelitian ini
melakukan tahap wawancara, observasi, hingga pengujian blackbox dan kuesioner
untuk mengetahui kebutuhan pengguna. Hasil dari pengujian kuesioner terdapat
78% responden peserta didik dan 81% responden guru bahwa aplikasi layak dan
mudah digunakan untuk media pembelajaran bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1. Deni Kuswoyo, S.Kom., M.Kom. ; 2. Prily Fitria Azis, M.Kom.
Uncontrolled Keywords: Arabic, Learning Media, MDLC, Android, Augmented Reality, Bahasa Arab, Media Pembelajaran
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan tinggi, unversitas
Divisions: Jurusan Desain > Program Studi Teknologi Rekayasa Multimedia
Depositing User: Perpustakaan Polimedia
Date Deposited: 10 Apr 2025 06:08
Last Modified: 10 Apr 2025 06:08
URI: https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/759

Actions (login required)

View Item
View Item