PERANCANGAN APLIKASI AUGMANTED REALITY PENGENALAN NEGARA – NEGARA PENDIRI ASEAN BERBASIS ANDROID

DhiaTaqi, Ahmad Fathin (2024) PERANCANGAN APLIKASI AUGMANTED REALITY PENGENALAN NEGARA – NEGARA PENDIRI ASEAN BERBASIS ANDROID. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of PERANCANGAN APLIKASI AUGMANTED REALITY  PENGENALAN NEGARA – NEGARA PENDIRI ASEAN   BERBASIS ANDROID] Text (PERANCANGAN APLIKASI AUGMANTED REALITY PENGENALAN NEGARA – NEGARA PENDIRI ASEAN BERBASIS ANDROID)
Tugas Laporan Akhir_Ahmad Fathin DhiaTaqi_20240010.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (639kB)

Abstract

The aim of this research is to design and develop an educational application based
on interactive augmented reality (AR) to introduce Khoiru Ummah elementary
school students to the founding countries of ASEAN. This program aims to increase
students' understanding of the history and goals of ASEAN through more interesting
and interactive learning methods. The development method used is the Game
Development Life Cycle (GDLC) whose stages start from creation to release and
are tested using black boxes and questionnaires. This application uses AR
technology to display realistic 3D objects and is equipped with a quiz function to
test students' knowledge. The application was tested using black box methods and
questionnaires, showing positive results with an average score of 77%. This
application not only increases students' interest in learning, but also enriches the
teaching methods at Khoiru Ummah Elementary School so that they are more
innovative and effective.

Tujuan dari penelitian ini adalah merancang dan mengembangkan aplikasi
pendidikan berbasis interaktif augmented reality (AR) untuk mengenalkan siswa
sekolah dasar Khoiru Ummah kepada negara-negara pendiri ASEAN. Program ini
bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang sejarah dan tujuan
ASEAN melalui metode pembelajaran yang lebih menarik dan interaktif. Metode
pengembangan yang digunakan adalah Game Development Life Cycle (GDLC)
yang tahapannya dimulai dari pembuatan hingga rilis dan diuji menggunakan black
box dan kuesioner. Aplikasi ini menggunakan teknologi AR untuk menampilkan
objek 3D yang realistis dan dilengkapi dengan fungsi kuis untuk menguji
pengetahuan siswa. Aplikasi diuji dengan metode black box dan kuesioner,
menunjukkan hasil positif dengan skor rata-rata 77%. Aplikasi ini tidak hanya
meningkatkan minat belajar siswa, tetapi juga memperkaya metode pengajaran di
SD Khoiru Ummah sehingga lebih inovatif dan efektif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1. Herly nurrahmi, S.Si, M.Kom. ; 2. Dwi Mandasari Rahayu, S.P, M.M.
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality, ASEAN, educational application, interactive learning, educational technology, Game Development Life Cycle. , Augmented Reality, ASEAN, aplikasi edukasi, pembelajaran interaktif, teknologi Pendidikan
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan tinggi, unversitas
Divisions: Jurusan Desain > Program Studi Teknologi Rekayasa Multimedia
Depositing User: Perpustakaan Polimedia
Date Deposited: 10 Apr 2025 06:56
Last Modified: 10 Apr 2025 06:56
URI: https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/762

Actions (login required)

View Item
View Item