Seprizal, Andre Rizky (2024) PERANCANGAN APLIKASI GAME EDUKASI MENGGUNAKAN UNITY UNTUK MENGENAL KEBUDAYAAN PULAU SUMATERA DENGAN METODE GDLC. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.
![PERANCANGAN APLIKASI GAME EDUKASI MENGGUNAKAN UNITY UNTUK MENGENAL KEBUDAYAAN PULAU SUMATERA DENGAN METODE GDLC [thumbnail of PERANCANGAN APLIKASI GAME EDUKASI MENGGUNAKAN UNITY UNTUK MENGENAL KEBUDAYAAN PULAU SUMATERA DENGAN METODE GDLC]](https://repository.polimedia.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Laporan Tugas Akhir_Andre Rizky Seprizal_20240025_TRM.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (756kB)
Abstract
Indonesia is a country with various tribes, customs and cultural traditions. Sumatra
Island, one of the largest islands in Indonesia, has a rich and unique cultural
diversity. However, along with the development of technology and globalization
trends, many aspects of this traditional culture are at risk of being displaced and
forgotten by children, where children who should preserve and develop them are
starting to abandon them. One of them is SDN 12 Batipuh Baruah, which is one of
the elementary schools under the Ministry of Education and Culture which has
implemented the 2013 Curriculum using teaching materials in the form of thematic
books, which has problems in providing learning about culture to its students.
Therefore, the author designed an educational game application using Unity to get
to know the culture of the island of Sumatra. In this application there is material
containing traditional clothing, traditional weapons, traditional houses, regional
songs, regional dances and there are also games in the form of RPG (Role - Playing
Game), apart from that the author also uses the GDLC method as the method that
the author uses in designing this educational game. The author's application design
process starts from Initiation, Pre-production, Production, Testing, Beta Testing
and Release. From the results of designing this educational application, it received
a positive response from Mitra or SDN 12 Batipuh Baruah, saying that this
application really helped the learning process about regional culture, especially
the island of Sumatra.
Indonesia merupakan negara dengan beragam suku, adat dan tradisi budaya. Pulau
Sumatera, salah satunya sebagai pulau terbesar di Indonesia, yang memiliki
keberagaman budaya yang kaya dan unik. Namun, seiring dengan berkembangnya
teknologi dan tren globalisasi, banyak aspek dari kebudayaan tradisional ini
menghadapi risiko tergeser dan dilupakan oleh anak-anak dimana yang seharus nya
anak-anak melestarikan dan mengembangkan justru mulai meninggalkannya. Salah
satunya ialah SDN 12 Batipuh Baruah merupakan salah satu sekolah dasar yang
berada di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang sudah menerapkan
Kurikulum 2013 menggunakan bahan ajar berupa buku tematik, yang memiliki
masalah dalam upaya memberikan pembelajaran tentang kebudayaan kepada
siswa/siswinya. Oleh karena itu, penulis melakukan perancangan aplikasi game
edukasi menggunakan unity untuk mengenal kebudayaan pulau Sumatera, di dalam
aplikasi ini terdapat materi yang berisi tentang pakaian adat, senjata tradisional,
rumah adat, lagu daerah, tarian daerah dan juga ada game dalam bentuk RPG (Role-
Playing Game), selain itu penulis juga menggunakan metode GDLC sebagai
metode yang penulis gunakan dalam perancangan game edukasi ini. Proses
prancangan aplikasi ini penulis mulai dari Initiation, Pre-produksi, Produksi,
Testting, Beta Testting dan Release. Dari hasil perancangan aplikasi edukasi ini
mendapatkan respon positif dari pihak mitrra atau SDN 12 Batipuh Baruah bahwa
mereka mengatakan aplikasi ini sangat membantu proses pembelajaran tentang
kebudayaan daerah, khususnya pulau Sumatera.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | 1. Deni Kuswoyo, S.Kom., M.Kom. ; 2. Herly Nurahmi, S.Si, M.Kom. |
Uncontrolled Keywords: | Culture, Educational Games, GDLC ,Kebudayaan, Game Edukasi |
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan tinggi, unversitas |
Divisions: | Jurusan Desain > Program Studi Teknologi Rekayasa Multimedia |
Depositing User: | Perpustakaan Polimedia |
Date Deposited: | 11 Apr 2025 03:42 |
Last Modified: | 11 Apr 2025 03:42 |
URI: | https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/764 |