YUNANTO, VARIAN IQBAL (2024) PERANCANGAN GAME “FOOD FIT FOR FUTURE” SEBAGAI EDUKASI PENGENALAN POLA MAKAN SEHAT BERBASIS ANDROID. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.
![PERANCANGAN GAME “FOOD FIT FOR FUTURE” SEBAGAI EDUKASI PENGENALAN POLA MAKAN SEHAT BERBASIS ANDROID [thumbnail of PERANCANGAN GAME “FOOD FIT FOR FUTURE” SEBAGAI EDUKASI PENGENALAN POLA MAKAN SEHAT BERBASIS ANDROID]](https://repository.polimedia.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Varian Iqbal Yunanto_20240131_Laporan Tugas Akhir.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
Abstract
Kesehatan gizi pada masa pertumbuhan anak dan remaja sangat penting, namun seringkali kurang
diperhatikan di Indonesia. Pola makan yang tidak sehat dan rendahnya aktivitas fisik menjadi
faktor utama meningkatnya masalah kesehatan seperti obesitas dan penyakit tidak menular. Data
Riskesdas 2018 menunjukkan prevalensi masalah gizi pada anak dan remaja, dengan berbagai
tingkat kekurangan dan kelebihan gizi yang berdampak serius. Teknologi, terutama teknologi
mobile, memiliki potensi besar untuk mendukung pendidikan kesehatan. Tetapi, masih kurangnya
metode pembelajaran, khususnya tentang pola makan sehat. O leh karena itu, penulis membuat
sebuah proyek berupa game edukasi pola makan sehat yang diberi nama “Food Fit For Future”.
Game ini memiliki konsep 2 Dimensi. Game ini dirancang untuk mengajarkan pola makan sehat
melalui gameplay interaktif, yang mana pemain harus menangkap makanan sehat dan
menghindari yang tidak sehat untuk mencapai skor tertentu. Game “Food Fit For Future” bisa
dimainkan oleh pengguna Android. Model pengembangan yang digunakan adalah GDLC atau
Game Development Life Cycle. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan
purposive sampling yang mana sampel yang diambil adalah murid-murid kelas VIII A.
Berdasarkan respon dari pengguna, game ini dinilai menarik, mudah dipahami, dan efektif dalam
meningkatkan pengetahuan tentang pola makan sehat.
Nutritional health during the growth period of children and adolescents is very important, but
often overlooked in Indonesia. Unhealthy eating patterns and low physical activity are the main
factors contributing to the rise in health issues such as obesity and non-communicable diseases.
The 2018 Riskesdas data show the prevalence of nutritional problems among children and
adolescents, with various levels of undernutrition and overnutrition having serious impacts.
Technology, especially mobile technology, has great potential to support health education.
However, there is still a lack of learning methods, particularly regarding healthy eating patterns.
Therefore, the author has developed a project in the form of an educational game on healthy eating
patterns called “Food Fit For Future”. This game has a 2D concept and is designed to teach
healthy eating through interactive gameplay, where players must catch healthy foods and avoid
unhealthy onesto achieve a certain score. “Food Fit For Future” can be played by Android users.
The development model used is GDLC or Game Development Life Cycle. The sampling technique
in thisstudy uses purposive sampling, where the sample taken is students from class VIII A. Based
on user responses, this game is considered interesting, easy to understand, and effective in
increasing knowledge about healthy eating patterns.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | 1. Yeni Nurhasanah, S.Pd., M.T. ; 2. Yuyun Khairunisa, S.Si., M.Kom. |
Uncontrolled Keywords: | Game, Educational Game, Healthy Eating Patterns, Android, Game Edukasi, Pola Makan Sehat |
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan tinggi, unversitas |
Divisions: | Jurusan Desain > Program Studi Teknologi Rekayasa Multimedia |
Depositing User: | Perpustakaan Polimedia |
Date Deposited: | 11 Apr 2025 03:48 |
Last Modified: | 11 Apr 2025 03:48 |
URI: | https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/767 |