PROSES PERANCANGAN KONTEN INSTAGRAM @TELKOMAKSES_JAKTIM UNTUK MENINGKATKAN KETERTARIKAN AUDIENS

Raditya, Adristi Fachira (2024) PROSES PERANCANGAN KONTEN INSTAGRAM @TELKOMAKSES_JAKTIM UNTUK MENINGKATKAN KETERTARIKAN AUDIENS. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of PROSES PERANCANGAN KONTEN INSTAGRAM @TELKOMAKSES_JAKTIM UNTUK MENINGKATKAN KETERTARIKAN AUDIENS] Text (PROSES PERANCANGAN KONTEN INSTAGRAM @TELKOMAKSES_JAKTIM UNTUK MENINGKATKAN KETERTARIKAN AUDIENS)
Tugas Akhir Adristi Fachira Raditya-1-15.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (566kB)

Abstract

Dalam era digital saat ini, Instagram merupakan salah satu platform media sosial
yang efektif untuk berkomunikasi. Akun Instagram @telkomakses_jaktim, yang
memiliki 112 pengikut, menghadapi tantangan rendahnya tingkat interaksi. Dalam
rangka meningkatkan interaksi, penulis menggunakan STP dan SWOT untuk
menganalisa strategi konten yang tepat. Pengumpulan data yang digunakan adalah
observasi, studi pustaka dan pengumpulan data online. Proses ini dimulai dari
mencari ide konten, perancangan strategi konten, pembuatan content plan, dan
mendesain konten. Setelah membuat strategi konten baru yang lebih menarik dan
interaktif seperti menambahkan pillar edukasi dan challenge, penulis menggunakan
model AISAS untuk menganalisa apakah strategi konten baru tepat dan dapat
menaikan interaksi audiens di akun Instagram @telkomakses_jaktim. Strategi
konten baru terbukti dapat meningkatkan ketertarikan audiens 189% dari hasil
insight selama 2 bulan . Hasil penulisan ini meningkatkan ketertarikan audiens
dalam proses perancangan konten untuk meningkatkan ketertarikan audiens di
Instagram @telkomakses_jaktim.

In today's digital era, Instagram is one of the effective social media platforms for
communication. The Instagram account @telkomakses_jaktim, which has 112
followers, faces the challenge of low levels of interaction. In order to increase
interaction, the author uses STP and SWOT to analyze the right content strategy.
Data collection used is observation, literature study and online data collection. This
process starts from finding content ideas, designing content strategies, creating
content plans, and designing content. After creating a new content strategy that is
more interesting and interactive such as adding educational pillars and challenges,
the author uses the AISAS model to analyze whether the new content strategy is
right and can increase audience interaction on the Instagram account
@telkomakses_jaktim. The new content strategy has been proven to increase
audience interest by 189% from the insight results for 2 months. The results of this
writing are expected to increase audience interest in the content design process to
increase audience interest on Instagram @telkomakses_jaktim.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1. Sartika Ekadyasa, M.I.Kom., Dosen Pembimbing I ; 2. Maya Puspita Dewi, S.Sos, MM, Dosen Pembimbing II.
Uncontrolled Keywords: Content, Audience Interaction, Konten, Instagram, Interaksi Audiens, AISAS, PT. Telkom Akses Jakarta Timur.
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan tinggi, unversitas
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 650 Manajemen dan hubungan masyarakat > 659 Periklanan dan hubungan masyarakat
Divisions: Jurusan Penerbitan > Program Studi Periklanan
Depositing User: Perpustakaan Polimedia
Date Deposited: 11 Apr 2025 04:10
Last Modified: 11 Apr 2025 04:10
URI: https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/771

Actions (login required)

View Item
View Item