MAULANSYAH, RIVKI (2024) UJI PENERIMAAN PASAR PADA PRODUK SOSIS AYAM DENGAN PENAMBAHAN DAGING ANALOG DARI PROTEIN KEDELAI. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.
![UJI PENERIMAAN PASAR PADA PRODUK SOSIS AYAM DENGAN PENAMBAHAN DAGING ANALOG DARI PROTEIN KEDELAI [thumbnail of UJI PENERIMAAN PASAR PADA PRODUK SOSIS AYAM DENGAN PENAMBAHAN DAGING ANALOG DARI PROTEIN KEDELAI]](https://repository.polimedia.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
RIVKI MAULANSYAH - Tugas Akhir UJI PENERIMAAN PASAR PADA PRODUK SOSIS AYAM DENGAN PENAMBAHAN DAGI-1-14.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (304kB)
Abstract
Market acceptance testing is an evaluation used to assess whether a new
product is accepted or not among the public, by looking for the public's response
to the product. This research aims to find out and test the market acceptance of
the product "chicken sausage with the addition of meat analogs made from soy
protein". The steps used in this research are filling out a questionnaire survey
accompanied by product sales, and distribution of several testers to Polimedia
culinary arts students, as well as creating an STP Segmenting, Targeting and
Positioning analysis strategy. Data obtained from the questionnaire survey shows
that there are many positive responses to this product in terms of delicious taste,
attractive product appearance and attractive labels, affordable product price,
namely Rp. 7,000, potentially viable on the market. Accompanied by criticism and
suggestions for good sausage products, labels and packaging with the aim of
product development and improvement.
Keywords: Market acceptance test, chicken sausage, STP, product
Uji penerimaan pasar merupakan sebuah evaluasi yang digunakan untuk
menilai suatu produk baru apakah diterima atau tidak di kalangan masyarakat,
dengan cara mencari tanggapan masyarakat terhadap produk tersebut. penelitian
ini bertujuan untuk mencari tahu dan menguji penerimaan pasar produk ”sosis
ayam dengan tambahan daging analog dari protein kedelai”. Langkah – Langkah
yang digunakan dalam penelitian ini ialah dengan mengisi survei kuesioner yang
disertai dengan penjualan produk, dan pembagian beberapa tester kepada
mahasiswa seni kuliner polimedia serta membuat strategi analisa STP Segmenting,
Targeting dan Positioning. Data yang diperoleh dari survei kuesioner menunjukan
banyaknya respon positif terhadap produk ini dari segi rasa yang enak, tampilan
produk yang menarik dan label yang menarik, harga produk yang terjangkau yaitu
Rp. 7.000, berpotensi layak berada dipasaran. Disertai dengan kritik dan saran
untuk produk sosis , label dan kemasan yang baik dengan tujuan untuk
pengembangan dan perbaikan produk.
Kata kunci: Uji penerimaan pasar, sosis ayam, STP, produk
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | . Ibu Fristi Bellia Annishia, S.KM., M.Par., M.M selaku Dosen Pembimbing I Ibu Anindita Budi Astuti, S.E, M.M., selaku Dosen Pembimbing II |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan tinggi, unversitas |
Divisions: | Jurusan Pariwisata > Program Studi Seni Kuliner |
Depositing User: | Perpustakaan Polimedia |
Date Deposited: | 12 Feb 2025 06:54 |
Last Modified: | 12 Feb 2025 06:54 |
URI: | https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/78 |