PERANCANGAN APLIKASI FLASHCARD AR : ARABIC BERBASIS ANDROID UNTUK MENINGKATKAN SEMANGAT BELAJAR MENGAJI SISWA TPQ AL-HANIF CIBITUNG

SUSANTO, HERMAWAN FARRAZ (2024) PERANCANGAN APLIKASI FLASHCARD AR : ARABIC BERBASIS ANDROID UNTUK MENINGKATKAN SEMANGAT BELAJAR MENGAJI SISWA TPQ AL-HANIF CIBITUNG. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of PERANCANGAN APLIKASI FLASHCARD AR : ARABIC  BERBASIS ANDROID UNTUK MENINGKATKAN  SEMANGAT BELAJAR MENGAJI SISWA TPQ AL-HANIF  CIBITUNG] Text (PERANCANGAN APLIKASI FLASHCARD AR : ARABIC BERBASIS ANDROID UNTUK MENINGKATKAN SEMANGAT BELAJAR MENGAJI SISWA TPQ AL-HANIF CIBITUNG)
Laporan_Tugas_Akhir_-_Hermawan_Farraz_Susanto_(REVISI_SIDANG)[1].pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (908kB)

Abstract

The process of learning the quran with media that is not in accordance with
students' preferences is one of the factors for students' lack of interest in learning
the quran. The same thing is also experienced by TPQ Al-Hanif Cibitung, where in
the pretest conducted in this study only a score of 47.9 was obtained, which score
was only included in the category quite feasible. Therefore, it is necessary to have
a learning media that can help increase students' interest in learning the quran. To
overcome these problems, research was conducted by developing quranic learning
media in the form of Flashcard AR : Arabic application based on Android, in order
to increase the enthusiasm for learning the quran of TPQ Al-Hanif Cibitung
students. This augmented reality application with flashcard media includes
material for introducing hijaiyah letters, Arabic vocabulary and pronunciation. In
testing the effectiveness of using the Flashcard AR : Arabic application conducted
in this study obtained a score of 67.9 which is included in the category very feasible
to be used in the learning process.

Proses pembelajaran mengaji dengan media yang tidak sesuai dengan kegemaran
siswa menjadi salah satu faktor kurangnya minat siswa dalam belajar mengaji. Hal
yang sama juga dialami oleh TPQ Al-Hanif Cibitung, dimana dalam pretest yang
dilakukan pada penelitian ini hanya didapatkan skor sebesar 47,9 yang mana skor
tersebut hanya termasuk dalam kategori cukup layak. Oleh karena itu diperlukan
media pembelajaran mengaji yang dapat membantu meningkatkan minat belajar
mengaji siswa. Untuk mengatasi masalah tersebut, dilakukan penelitian dengan
mengembangkan media pembelajaran mengaji berupa aplikasi Flashcard AR :
Arabic berbasis Android, guna meningkatkan semangat belajar mengaji siswa TPQ
Al-Hanif Cibitung. Aplikasi augmented reality dengan media flashcard ini
mencakup materi pengenalan huruf hijaiyah, kosakata bahasa Arab serta
pelafalannya. Dalam pengujian efektifitas penggunaan aplikasi Flashcard AR :
Arabic yang dilakukan pada penelitian ini didapatkan skor 67,9 yang termasuk
dalam kategori sangat layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran mengaji.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1. Sanjaya Pinem, S.Kom., M.Sc. ; 2. Andriyana, S.Pd., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Interest, Quran, Learning, Minat, Mengaji, Pembelajaran
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan tinggi, unversitas
Divisions: Jurusan Desain > Program Studi Teknologi Rekayasa Multimedia
Depositing User: Perpustakaan Polimedia
Date Deposited: 14 Apr 2025 03:51
Last Modified: 14 Apr 2025 03:51
URI: https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/782

Actions (login required)

View Item
View Item