Safitri, Mutiara (2024) PERANCANGAN DESAIN VISUAL MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @KECAMBAH.ID SEBAGAI MEDIA PROMOSI BULAN FEBRUARI 2024. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.
![PERANCANGAN DESAIN VISUAL MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @KECAMBAH.ID SEBAGAI MEDIA PROMOSI BULAN FEBRUARI 2024 [thumbnail of PERANCANGAN DESAIN VISUAL MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @KECAMBAH.ID SEBAGAI MEDIA PROMOSI BULAN FEBRUARI 2024]](https://repository.polimedia.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
TUGAS AKHIR (TA)_MUTIARA SAFITRI_21330070_2024-1-13.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (822kB)
Abstract
Desain visual penting untuk menarik audiens di media sosial, namun masih jarang
digunakan banyak brand. Masalah dari Kecambah.id yaitu, belum ada aktivitas
promosi di Instagram yang divisualisasikan melalui desain visual dan belum
banyak dikenal. Proses perancangan desain visual Kecambah.id meliputi analisis
STP, SWOT, proses pra-produksi desain, produksi desain, pasca produksi desain
dihasilkan desain visual yang menerapkan atau mengaplikasikan model AISAS
dan elemen desain. Prinsip-prinsip desain pada desain visual Kecambah.id dan
SWOT desain visual Kecambah.id dikomparasikan desain visual Jenaka. Desain
visual Kecambah.id mengandung unsur aktivitas promosi yaitu memberikan
informasi dan membujuk. Penulis menggunakan metode pengumpulan data
berupa studi pustaka, observasi, penelusuran data secara online dan wawancara.
Penulis sebagai desain grafis bertanggung jawab terkait desain visual dari konten
yang diunggah dalam Instagram Kecambah.id pada bulan Februari 2024. Hasil
dari perancangan desain visual Kecambah.id telah memiliki rancangan dan desain
visual yang baik dan akun baru Instagram Kecambah.id juga memiliki angka
engagement rate sebesar 33,24% dan jumlah pengikut sebanyak 107.
Visual design is important to attract audiences on social media, but it is still
rarely used by many brands. The problem with Kecambah.id is that there are no
promotional activities on Instagram that are visualized through visual design and
are not widely known. The process of designing Kecambah.id visual design
includes STP analysis, SWOT, pre-production design process, design production,
post-production design resulting in a visual design that applies or applies the
AISAS model and design elements. The design principles in the visual design of
Kecambah.id and SWOT of Kecambah.id visual design are compared to Jenaka
visual design. The visual design of Kecambah.id contains elements of promotional
activities, namely providing information and persuading. The author uses data
collection methods in the form of literature studies, observations, online data
searches and interviews. The author as a graphic designer is responsible for the
visual design of the content uploaded on Instagram Kecambah.id in February
2024. The results of the visual design planning of Kecambah.id have a good
design and visual design and the new Instagram account Kecambah.id also has
an engagement rate of 33.24% and a total of 107 followers.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | 1. Dr. Tipri Rose Kartika, M.M. ; 2. Khoirun Nisa, M.I.Kom. |
Uncontrolled Keywords: | Promotional Media, Design Visual, Media Promosi, Desain Visual, Instagram, Kecambah.id |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan tinggi, unversitas 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 650 Manajemen dan hubungan masyarakat > 659 Periklanan dan hubungan masyarakat |
Divisions: | Jurusan Penerbitan > Program Studi Periklanan |
Depositing User: | Perpustakaan Polimedia |
Date Deposited: | 15 Apr 2025 07:27 |
Last Modified: | 15 Apr 2025 07:27 |
URI: | https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/793 |