Apriansyah, Sahlan (2024) PERANCANGAN KONTEN INSTAGRAM TOPTUMBLER.ID UNTUK MENINGKATKAN BRAND AWARENESS. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.
![PERANCANGAN KONTEN INSTAGRAM TOPTUMBLER.ID UNTUK MENINGKATKAN BRAND AWARENESS [thumbnail of PERANCANGAN KONTEN INSTAGRAM TOPTUMBLER.ID UNTUK MENINGKATKAN BRAND AWARENESS]](https://repository.polimedia.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2. TA_Sahlan Apriansyah_Periklanan'24_21330101-1-14.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
Abstract
Menurut data Hootsuite dan We Are Social (2023), pengguna media sosial di
Indonesia mencapai 167,0 juta, atau 60,4% dari total populasi. Angka ini
menunjukkan pentingnya media sosial bagi perusahaan dalam menjangkau audiens
yang lebih luas. Toptumbler.id saat ini belum mengoptimalkan media sosial yang
dimiliki. Pada Tugas Akhir ini bertujuan merancang strategi konten Instagram bagi
Toptumbler.id guna meningkatkan brand awareness. Strategi yang diterapkan
dalam penelitian ini mencakup teori brand awareness, pemasaran digital dan media
sosial, key performance indicator (KPI) dan model AISAS. Hasil tugas akhir
dengan konsep model AISAS dan KPI menunjukan peningkatan dalam jangkauan
dan interaksi konten di akun Instagram Toptumbler.id. Pada data dashboard, Reach
meningkat sebesar 464% dari periode sebelumnya, sementara Engagement Content
Interactions meningkat sebesar 2,125%. Pada periode Mei – Juni 2024, Reach
mencapai 9.006 juta views, terdiri dari 7.422 paid reach dan 1.584 organic reach.
Hal ini membuktikan bahwa perencanaan konten yang terstruktur dan eksekusi
yang baik dapat meningkatkan jangkauan secara signifikan, dan menghasilkan
peningkatan pada level brand awareness terhadap akun media sosial toptumbler.id.
According to data from Hootsuite and We Are Social (2023), social media users in
Indonesia reached 167.0 million, or 60.4% of the total population. This figure
shows the importance of social media for companies in reaching a wider audience.
Toptumbler.id has not currently optimized its social media. This final assignment
aims to design an Instagram content strategy for Toptumbler.id to increase brand
awareness. The strategies applied in this research include brand awareness theory,
digital marketing and social media, key performance indicators (KPI) and the
AISAS model. The results of the final project using the AISAS and KPI model
concepts show an increase in the reach and interaction of content on the
Toptumbler.id Instagram account. In the dashboard data, Reach increased by
464% from the previous period, while Engagement Content Interactions increased
by 2.125%. In the period May – June 2024, Reach reached 9,006 million views,
consisting of 7,422 paid reaches and 1,584 organic reaches. This proves that
structured content planning and good execution can increase reach significantly,
and result in an increase in the level of brand awareness of the toptumbler.id social
media account.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | 1. Dosen pembimbing I : Sartika Ekadyasa, M.I.Kom. ; 2. Dosen pembimbing II : Dr. Ressa Uli Patrissia, S.S,. M.I.Kom |
Uncontrolled Keywords: | Social Media, Content Design, Media Sosial, Brand Awareness, Perancangan Konten, Instagram, Toptumbler.id. |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan tinggi, unversitas 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 650 Manajemen dan hubungan masyarakat > 659 Periklanan dan hubungan masyarakat |
Divisions: | Jurusan Penerbitan > Program Studi Periklanan |
Depositing User: | Perpustakaan Polimedia |
Date Deposited: | 16 Apr 2025 03:21 |
Last Modified: | 16 Apr 2025 03:21 |
URI: | https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/800 |