IDENTIFIKASI DEFECT SMART CARD MANDIRI INHEALTH DALAM UPAYA MENCAPAI STANDAR KUALITAS PRODUK DI PERUM PERCETAKAN NEGARA RI

Nisa, Ulya (2024) IDENTIFIKASI DEFECT SMART CARD MANDIRI INHEALTH DALAM UPAYA MENCAPAI STANDAR KUALITAS PRODUK DI PERUM PERCETAKAN NEGARA RI. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of IDENTIFIKASI DEFECT SMART CARD MANDIRI INHEALTH DALAM UPAYA MENCAPAI STANDAR KUALITAS PRODUK DI PERUM PERCETAKAN NEGARA RI] Text (IDENTIFIKASI DEFECT SMART CARD MANDIRI INHEALTH DALAM UPAYA MENCAPAI STANDAR KUALITAS PRODUK DI PERUM PERCETAKAN NEGARA RI)
Tugas Akhir-1-15.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (677kB)

Abstract

In the rapidly advancing digital era, technology has permeated various aspects of
life. Smart Cards have become an integral part of security systems, identification,
and electronic transactions in various sectors such as finance, healthcare, and
transportation. A Smart Card is a plastic card with an integrated circuit capable of
storing and processing data, allowing for functions such as user authentication,
sensitive information storage, and electronic financial transactions. The data
collection methods used include direct observation at Perum Percetakan Negara
Republik Indonesia (PNRI), literature review, identification methods, and
interviews with PNRI production staff. The objective of this final project is to
identify the issues causing defects in the printing of Mandiri Inhealthh Smart Cards
and to address these issues by ensuring a clean environment and regular
maintenance of the machinery.
Keywords: Smart Card, Defect, Mitigation.
Dalam era digital yang pesat, teknologi telah meresap ke berbagai aspek kehidupan.
Smart Card telah menjadi bagian integral dari sistem keamanan, identifikasi, dan
transaksi elektronik di berbagai sektor seperti keuangan, kesehatan, dan
transportasi. Smart Card adalah kartu plastik dengan sirkuit terintegrasi yang
mampu menyimpan dan memproses data, memungkinkan fungsi-fungsi seperti
otentikasi pengguna, penyimpanan informasi sensitif, dan transaksi keuangan
elektronik. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi langsung
di Perum Percetakan Negara Republik Indonesia (PNRI), studi pustaka, metode
identifikasi, dan wawancara dengan staf produksi PNRI. Tujuan dari Tugas Akhir
ini yaitu mengidentifikasi masalah yang menyebabkan defect pada hasil cetak
Smart Card Mandiri Inhealth dan cara menanggulanginya dengan memastikan
kebersihan lingkungan serta perawatan rutin terhadaap mesin.
Kata Kunci : Smart Card, Defect, Penanggulangan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Bapak Drs. A. Sarmada, ST., MM selaku dosen pembimbing I Ibu Carissa Dwilanisusantya, S.KM., M.Si selaku dosen pembimbing II
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan tinggi, unversitas
Divisions: Jurusan Teknik Industri > Program Studi Teknik Grafika
Depositing User: Perpustakaan Polimedia
Date Deposited: 16 Apr 2025 08:27
Last Modified: 16 Apr 2025 08:27
URI: https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/819

Actions (login required)

View Item
View Item