PERANCANGAN APLIKASI PENGENALAN TARI TRADISIONAL PROVINSI JAWA BARAT BERBASIS AUGMENTED REALITY UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR

ADAM, MUHAMMAD (2024) PERANCANGAN APLIKASI PENGENALAN TARI TRADISIONAL PROVINSI JAWA BARAT BERBASIS AUGMENTED REALITY UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of PERANCANGAN APLIKASI PENGENALAN TARI  TRADISIONAL PROVINSI JAWA BARAT BERBASIS  AUGMENTED REALITY UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR] Text (PERANCANGAN APLIKASI PENGENALAN TARI TRADISIONAL PROVINSI JAWA BARAT BERBASIS AUGMENTED REALITY UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR)
FINAL TUGAS AKHIR PERANCANGAN APLIKASI PEMBELAJARAN PENGENALAN TARI TRADISIONAL JAWA BARAT DENGAN AUGMENTED REALITY UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR - Copy.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

The lack of interest and understanding among elementary school students
towards cultural diversity material taught using traditional methods is a problem
that needs to be addressed. Therefore, this research designs an Augmented Reality
(AR) based learning application to introduce traditional West Java dance. The
application was designed using the Multimedia Development Life Cycle (MDLC)
method, which includes the stages of planning, analysis, design, implementation,
testing, and maintenance. Additionally, AI motion capture technology was used to
create 3D dance animations, allowing dance movements that closely mimic the
reference videos. The research methodology includes interviews, literature
studies, and questionnaires. Test results show that the application significantly
increases students' interest and understanding. Functional testing indicates that
all features operate according to specifications. This application offers an
innovative and relevant learning medium for the Industrial Revolution 4.0 era and
helps preserve traditional culture.

Kurangnya minat dan pemahaman siswa sekolah dasar terhadap materi
keragaman budaya yang diajarkan dengan metode tradisional menjadi masalah
yang perlu diatasi. Untuk itu, penelitian ini merancang aplikasi pembelajaran
berbasis Augmented Reality (AR) yang memperkenalkan tari tradisional Jawa
Barat. Aplikasi ini dirancang menggunakan metode Multimedia Development Life
Cycle (MDLC), yang mencakup tahap perencanaan, analisis, desain, implementasi,
pengujian, dan pemeliharaan. Selain itu, teknologi AI motion capture digunakan
untuk pembuatan animasi 3D tari, memungkinkan gerakan tari yang terlihat sama
dengan video referensi. Metodologi penelitian mencakup wawancara, studi
pustaka, dan kuesioner. Hasil pengujian menunjukkan bahwa aplikasi ini
meningkatkan minat dan pemahaman siswa secara signifikan. Pengujian
fungsionalitas menunjukkan semua fitur berfungsi sesuai spesifikasi. Aplikasi ini
menawarkan media pembelajaran yang inovatif dan relevan dengan era Revolusi
Industri 4.0, serta membantu melestarikan budaya tradisional.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1. Hafid Setyo Hadi,M.T. ; 2. Sari Setyaning Tyas. M.Ti.
Uncontrolled Keywords: Application, Traditional Dance Introduction, Augmented Reality, Aplikasi, Pengenalan Tari Tradisional
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan tinggi, unversitas
Divisions: Jurusan Desain > Program Studi Teknologi Rekayasa Multimedia
Depositing User: Perpustakaan Polimedia
Date Deposited: 17 Apr 2025 08:22
Last Modified: 17 Apr 2025 08:22
URI: https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/820

Actions (login required)

View Item
View Item