Hafidz, Muhammad Said (2024) PERANCANGAN ASET VISUAL 2D ANIME DENGAN METODE CEL ANIMATION PADA GAME YUGA PRAHARA NUSANTARA. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.
![PERANCANGAN ASET VISUAL 2D ANIME DENGAN METODE CEL ANIMATION PADA GAME YUGA PRAHARA NUSANTARA [thumbnail of PERANCANGAN ASET VISUAL 2D ANIME DENGAN METODE CEL ANIMATION PADA GAME YUGA PRAHARA NUSANTARA]](https://repository.polimedia.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
20210062_Naskah TA_HafidzGT8C_FINAL-1-14.pdf
Download (1MB)
Abstract
The Yuga Prahara Nusantara game stands out as a pioneering endeavor that
harnesses the power of anime art style and cel animation techniques to create
captivating 2D visual assets. This visionary project seeks to ignite a passion for
Indonesian history by offering an immersive and educational gaming experience. It
adopts a design thinking approach and embraces efficient production methods to
meticulously develop characters, environments, and other visual elements that
seamlessly intertwine with the game's narrative and gameplay. As a result, the game
boasts a collection of top-tier 2D visual assets, garnering a remarkable Likert scale
rating of 75.73%, firmly placing it in the "agree" category. The primary goal is for
these 2D visual assets to not only captivate audiences aesthetically but also to offer
flexibility and functionality that will enhance the overall gaming experience while
enriching players' understanding of history. The meticulously crafted visuals are
expected to serve a dual purpose—elevating the game's visual appeal while
contributing significantly to historical learning. By marrying artistry with
educational value, the Yuga Prahara Nusantara game sets a new standard for
gaming experiences that seamlessly blend entertainment with learning.
Game "Yuga Prahara Nusantara" menonjol sebagai upaya perintis yang
memanfaatkan kekuatan gaya seni anime dan teknik animasi cel untuk menciptakan
aset visual 2D yang memikat. Proyek visioner ini bertujuan untuk menyalakan
semangat terhadap sejarah Indonesia dengan menawarkan pengalaman bermain
yang imersif dan edukatif. Dengan mengadopsi pendekatan pemikiran desain dan
metode produksi yang efisien, proyek ini dengan cermat mengembangkan karakter,
lingkungan, dan elemen visual lainnya yang secara mulus terjalin dengan narasi dan
gameplay permainan.Hasilnya, permainan ini memiliki koleksi aset visual 2D
berkualitas tinggi, dengan peringkat skala Likert yang luar biasa sebesar 75,73%,
yang menempatkannya dengan tegas dalam kategori "setuju." Tujuan utamanya
adalah agar aset visual 2D ini tidak hanya menarik secara estetika tetapi juga
menawarkan fleksibilitas dan fungsionalitas yang akan meningkatkan pengalaman
bermain secara keseluruhan sambil memperkaya pemahaman pemain tentang
sejarah. Visual yang dibuat dengan teliti ini diharapkan dapat berfungsi ganda—
meningkatkan daya tarik visual permainan sekaligus berkontribusi signifikan
terhadap pembelajaran sejarah. Dengan menggabungkan seni dengan nilai edukatif,
permainan "Yuga Prahara Nusantara" menetapkan standar baru untuk pengalaman
bermain yang menggabungkan hiburan dengan pembelajaran secara mulus.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | 1. Rudy Cahyadi, M.T. selaku Pembimbing I. ; 2. Yuyun Khairunisa, S.Si., M.Kom., sebagai Pembimbing II |
Uncontrolled Keywords: | 2D Visual Asset, Anime Artstyle, Cel Animation, Design Thinking, History of Nusantara, Aset Visual 2D, Sejarah Nusantara |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan tinggi, unversitas 700 - Seni dan Rekreasi > 770 Seni fotografi, komputer, film, video > 776 Seni komputer (seni digital) |
Divisions: | Jurusan Desain > Program Studi Teknologi Permainan |
Depositing User: | Perpustakaan Polimedia |
Date Deposited: | 12 Feb 2025 07:26 |
Last Modified: | 12 Feb 2025 07:26 |
URI: | https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/83 |