Nugraha, Angga Ad’ha (2024) PERANCANGAN GAME EDUKASI PENGENALAN CERITATANGKUBAN PERAHU MENGGUNAKAN METODEGAMEDEVELOPMENT LIFE CYCLE BERBASIS ANDROID. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.
![PERANCANGAN GAME EDUKASI PENGENALAN CERITATANGKUBAN PERAHU MENGGUNAKAN METODEGAMEDEVELOPMENT LIFE CYCLE BERBASIS ANDROID [thumbnail of PERANCANGAN GAME EDUKASI PENGENALAN CERITATANGKUBAN PERAHU MENGGUNAKAN METODEGAMEDEVELOPMENT LIFE CYCLE BERBASIS ANDROID]](https://repository.polimedia.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Laporan tugas akhir Angga A.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengevaluasi sebuah gameedukasi berbasis Android yang dirancang khusus untuk memperkenalkan anakanak pada kaya budaya lokal melalui cerita rakyat. Tujuan Game ini disusununtuk meningkatkan pemahaman anak-anak tentang warisan budaya mereka,
perancangan game edukasi berbasis interkatif untuk mempelajari Cerita rakyatdengan kurikulum Merdeka Kelas 4 di SDN 03 Lenteng Agung pada hal inibertujuan untuk memberikan pembelajaran yang menarik dan interkatif. Metodepengembangan yang digunakan GDLC (Game Development Life Cycle) yangtahapannya dimulai dari pembuatan hingga rilis dan diuji gamenya menggunakanblackbox, kuisioner, wawancara dan observasi, menunjukan dari hasil testingsecara positif dengan skor rata-rata 84%.
This research aims to develop and evaluate an Android-based educational gamespecifically designed to introduce children to rich local culture through folklore.
The purpose of this game is designed to increase children's understanding of theircultural heritage, the design of an interactive-based educational game to learnfolklore with the Grade 4 Merdeka curriculum at SDN 03 Lenteng Agung in thiscase aims to provide interesting and interactive learning. The developmentmethod used GDLC (Game Development Life Cycle) whose stages start fromcreation to release and tested the game using blackbox, questionnaires, interviewsand observations, shows from the testing results positively with an average scoreof 84%.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | 1. Deni Kuswoyo, S.Kom., M.Kom. ; 2. Herly Nurrahmi, M. Kom. |
Uncontrolled Keywords: | Educational game, Primary school, curriculum, Game developmentlife cycle, Game edukasi, Sekolah dasar, kurikulum |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan tinggi, unversitas 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 650 Manajemen dan hubungan masyarakat > 659 Periklanan dan hubungan masyarakat |
Divisions: | Jurusan Desain > Program Studi Teknologi Rekayasa Multimedia |
Depositing User: | Perpustakaan Polimedia |
Date Deposited: | 23 Apr 2025 07:03 |
Last Modified: | 23 Apr 2025 07:03 |
URI: | https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/838 |