PERANCANGAN KONTEN KREATIF PADA INSTAGRAM THE EYE STUDIO UNTUK MENINGKATKAN ENGAGEMENT DENGAN AUDIENS

Maryam, Adella (2024) PERANCANGAN KONTEN KREATIF PADA INSTAGRAM THE EYE STUDIO UNTUK MENINGKATKAN ENGAGEMENT DENGAN AUDIENS. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of PERANCANGAN KONTEN KREATIF PADA INSTAGRAM THE EYE STUDIO UNTUK MENINGKATKAN ENGAGEMENT DENGAN AUDIENS] Text (PERANCANGAN KONTEN KREATIF PADA INSTAGRAM THE EYE STUDIO UNTUK MENINGKATKAN ENGAGEMENT DENGAN AUDIENS)
Tugas Akhir - Adella Maryam (FINAL)-1-14.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (769kB)

Abstract

Di era digital, salon kecantikan memiliki peluang untuk memasarkan produk dan
layanan melalui media sosial seperti Instagram, yang efektif dalam menarik perhatian
audiens yang lebih luas. Salon kecantikan The Eye Studio turut memanfaatkan
Instagram untuk mengunggah konten kreatif guna meningkatkan engagement dengan
audiens. Namun, konten kreatif @the.eye.studio belum optimal dari segi engagement
dengan audiens. Tugas akhir ini bertujuan untuk mengetahui proses perancangan
konten kreatif di Instagram @the.eye.studio untuk meningkatkan engagement audiens
melalui analisis STP dan AISAS, serta menggunakan metode observasi dan studi
pustaka untuk pengumpulan data. Hasil penulisan ini menunjukkan kenaikan
engagement dengan audiens yang signifikan berada pada periode bulan Januari – Juni
2024. Kenaikan berdasar jumlah pengikut meningkat, yang semula 34,9 ribu pada
November 2023 menjadi 36,8 ribu pada Juni 2024. Keberhasilan engagement juga
terlihat pada konten teratas periode Januari - Juni dalam kategori info produk. Konten
kreatif ini mencapai 65,4 ribu tayangan, 777 yang menyukai, 3 komentar, 44 yang
menyimpan, dan 26 yang membagikan.

In the digital era, beauty salons have the opportunity to market their products
and services through social media platforms like Instagram, which effectively captures
a wider audience’s attention. The Eye Studio beauty Salon also uses Instagram to
upload creative content to increase engagement with the audience. However, creative
content @the.eye.the studio is not optimal in terms of engagement with the audience.
This final project aims to determine the process of designing creative content on
Instagram @the.eye.studio, focusing on increasing audience engagement through STP
analysis and the AISAS model. The study employs observation and literature review
methods for data collection. The results of this writing show a significant increase in
engagement with the audience in the January – June 2024 period. The increase based
on the number of followers increased, which was originally 34.9 thousand in November
2023 to 36.8 thousand in June 2024. The success of engagement was also seen in the
top content of the January - June period in the product info category. This content
achieved 65.4 thousand impressions, 777 likes, 3 comments, 44 saves, and 26 shares.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1. Zaenab, S.S., M.Si. ; 2. Khoirun Nisa, M.I.Kom.
Uncontrolled Keywords: konten kreatif, creative content, engagement, The Eye Studio
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan tinggi, unversitas
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 650 Manajemen dan hubungan masyarakat > 659 Periklanan dan hubungan masyarakat
Divisions: Jurusan Penerbitan > Program Studi Periklanan
Depositing User: Perpustakaan Polimedia
Date Deposited: 24 Apr 2025 02:11
Last Modified: 24 Apr 2025 02:11
URI: https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/840

Actions (login required)

View Item
View Item