PERANCANGAN KONSEP KONTEN KREATIF UNTUK MENINGKATKAN ENGAGEMENT INSTAGRAM @inilah_com

Salsabila, Nadia Putri (2024) PERANCANGAN KONSEP KONTEN KREATIF UNTUK MENINGKATKAN ENGAGEMENT INSTAGRAM @inilah_com. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of PERANCANGAN KONSEP KONTEN KREATIF UNTUK MENINGKATKAN ENGAGEMENT INSTAGRAM @inilah_com] Text (PERANCANGAN KONSEP KONTEN KREATIF UNTUK MENINGKATKAN ENGAGEMENT INSTAGRAM @inilah_com)
LAPORAN TUGAS AKHIR_NADIA PUTRI SALSABILA-1-13.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Tugas akhir ini bertujuan untuk membahas perancangan konsep konten kreatif
untuk meningkatkan engagement Instagram @inilah_com dari Desember 2023
hingga April 2024. Masalah yang diidentifikasi meliputi kesalahpahaman terhadap
informasi pada konten atau berita yang mengakibatkan pesan yang tidak sesuai
dengan tujuan, serta kurangnya variasi konten karena fokus pada pemberitaan
politik, yang berdampak pada kurangnya interaksi dari audiens. Untuk mengatasi
ini, diterapkan model AISAS (Attention, Interest, Search, Action, Share) dan STP
(Segmentation, Targeting, Positioning) dalam pengumpulan data untuk
memastikan konten yang dibuat relevan, sesuai dan menarik bagi audiens. Strategi
konten mencakup pemanfaatan fitur-fitur Instagram dan pemantauan tren viral
untuk memperkuat engagement media sosial. Secara keseluruhan, tugas akhir ini
bertujuan untuk mengatasi permasalahan dengan penekanan pada penerapan model,
sehingga konten yang dihasilkan tidak hanya menarik tetapi juga informatif. Hasil
dari tugas akhir ini diharapkan dapat meningkatkan interaksi dan minat publik
terhadap konten yang disajikan, serta memberikan kontribusi positif terhadap
kinerja platform media sosial Instagram @inilah_com.

This final project aims to discuss the design of a creative content concept to enhance
engagement on Instagram @inilah_com from December 2023 to April 2024.
Identified issues include misunderstandings of information in content or news,
leading to messages that do not align with objectives, and a lack of content variety
due to a focus on political reporting, resulting in reduced audience interaction. To
address these challenges, the AISAS (Attention, Interest, Search, Action, Share) and
STP (Segmentation, Targeting, Positioning) models are applied in data collection
to ensure the created content is relevant, suitable, and compelling to the audience.
Content strategies involve leveraging Instagram features and monitoring viral
trends to strengthen social media engagement. Overall, this project aims to tackle
these issues through the application of these models, ensuring that the produced
content is both engaging and informative. The expected outcome is an increase in
interaction and public interest in the content presented, thereby positively impacting
the performance of the Instagram platform @inilah_com.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1. Dr. Tipri Rose Kartika, SE., M.M., selaku Dosen pembimbing I ; 2. Omar Yusuf, M.M., selaku Dosen Pembimbing 2
Uncontrolled Keywords: Social Media, Media Sosial, Instagram, Engagement, STP, AISAS
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan tinggi, unversitas
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 650 Manajemen dan hubungan masyarakat > 659 Periklanan dan hubungan masyarakat
Divisions: Jurusan Penerbitan > Program Studi Periklanan
Depositing User: Perpustakaan Polimedia
Date Deposited: 24 Apr 2025 02:53
Last Modified: 24 Apr 2025 02:53
URI: https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/844

Actions (login required)

View Item
View Item