PENERAPAN GAYA DESAIN STILASI DENGAN METODE LUKISAN TEKSTUR UNTUK MENUMBUHKAN KESAN VARIATIF DI DALAM GIM "TUMAN : BOROBUDUR" (GAME ARTIST)

Faisal, Muhammad Rafi (2024) PENERAPAN GAYA DESAIN STILASI DENGAN METODE LUKISAN TEKSTUR UNTUK MENUMBUHKAN KESAN VARIATIF DI DALAM GIM "TUMAN : BOROBUDUR" (GAME ARTIST). Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of PENERAPAN GAYA DESAIN STILASI DENGAN METODE LUKISAN TEKSTUR UNTUK MENUMBUHKAN KESAN VARIATIF DI DALAM GIM "TUMAN : BOROBUDUR" (GAME ARTIST)] Text (PENERAPAN GAYA DESAIN STILASI DENGAN METODE LUKISAN TEKSTUR UNTUK MENUMBUHKAN KESAN VARIATIF DI DALAM GIM "TUMAN : BOROBUDUR" (GAME ARTIST))
Laporan Tugas Akhir_Muhammad Rafi Faisal_20210058-1-16.pdf

Download (1MB)

Abstract

"Tuman: Borobudur" is a 3D TPS survival shooter game set in Borobudur Temple
that aims to survive and find a way out of the supernatural realm. In creating a
game set in Borobudur Temple, the design quality of the game has reached a modern
point that is needed to create a game atmosphere in accordance with the specified
theme. Moreover, each game has its own design style so that the creativity of game
developers will be tested to create varied and interesting works. The purpose of this
research is to design and implement assets that refer to the Game Design Document
of the game "Tuman: Borobudur" using the Game Development Life Cycle method.
The design style that is suitable in cultivating a varied impression in this research
is the stylization design style with the texture painting drawing method. The results
obtained in using the stylization design style with the texture painting method are
assets and textures to be implemented into the game "Tuman : Borobudur" game.
The author is able to express the design style of stylization on the assets created
without eliminating the original elements of the object used as a reference, thus
creating a varied and interesting impression.

“Tuman : Borobudur” adalah sebuah gim 3D TPS survival shooter dengan
mengambil latar tempat Candi Borobudur yang bertujuan untuk bertahan hidup dan
mencari jalan keluar dari alam gaib. Dalam menciptakan gim dengan latar tempat
Candi Borobudur kualitas desain dari gim telah mencapai titik modern yang sangat
dibutuhkan untuk menciptakan suasana gim sesuai dengan tema yang ditentukan.
Terlebih setiap gim memiliki gaya desain tersendiri sehingga kreatifitas
pengembang gim akan diuji untuk menciptakan karya yang variatif dan menarik.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancangan dan mengimplementasi aset
yang mengacu pada Game Design Document gim “Tuman : Borobudur” dengan
menggunakan metode Game Development Life Cycle. Gaya desain yang cocok
dalam menumbuhkan kesan variatif pada penelitian ini adalah gaya desain stilasi
dengan metode gambar lukisan tekstur. Hasil yang didapat dalam menggunakan
gaya desain stilasi dengan metode lukisan tekstur adalah aset dan tekstur untuk
diimplementasikan ke dalam gim “Tuman : Borobudur”. Penulis mampu
mengekspresikan gaya desain stilasi pada aset yang dibuat tanpa menghilangkan
unsur asli dari objek yang dijadikan acuan, sehingga menciptakan kesan yang
variatif dan menarik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1. Rudy Cahyadi, S.T., M.T, Sebagai Pembimbing I. ; 2. Yuyun Khairunisa, S.Si., M.Kom, Sebagai Pembimbing II.
Uncontrolled Keywords: Design style, stylization, texture painting, varied, shooter game, Gaya desain, stilasi, lukisan tekstur, variatif, gim shooter
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan tinggi, unversitas
700 - Seni dan Rekreasi > 770 Seni fotografi, komputer, film, video > 776 Seni komputer (seni digital)
Divisions: Jurusan Desain > Program Studi Teknologi Permainan
Depositing User: Perpustakaan Polimedia
Date Deposited: 12 Feb 2025 07:26
Last Modified: 12 Feb 2025 07:26
URI: https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/85

Actions (login required)

View Item
View Item