Amartapraja, Pandu Widana (2024) PERANCANGAN ILUSTRASI DAN TATA LETAK NASKAH “JERAPAH YANG ANGKUH”. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.
![PERANCANGAN ILUSTRASI DAN TATA LETAK NASKAH “JERAPAH YANG ANGKUH” [thumbnail of PERANCANGAN ILUSTRASI DAN TATA LETAK NASKAH “JERAPAH YANG ANGKUH”]](https://repository.polimedia.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Laporan TA PJ21C_Pandu Widana AmartaprajaPDFFixx-1-11.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
Abstract
Karya tugas akhir yang penulis buat yaitu sebuah buku anak berjudul “Jerapah Yang
Angkuh” dengan cerita bergambar. Karya dibuat untuk mengalihkan penggunaan gadget
pada anak yang memengaruhi kesehatan terutama pada mata anak. Buku ini juga sebagai
edukasi untuk anak dalam pembentukan karakter yang baik pada anak. Teori yang penulis
gunakan yaitu teori Widya dan Darmawan (2016: 45-50) dan teori Salisbury (2018: 59)
yang digunakan dalam merancang ilustrasi naskah “Jerapah Yang Angkuh”. Penulis juga
menggunakan teori Enterprise untuk menyusun tata letak buku “Jerapah Yang Angkuh”.
Metode yang digunakan penulis yaitu metode observasi, studi pustaka, dan angket digital.
Penulis menghasilkan ilustrasi dan tata letak yang siap untuk dicetak. Kesimpulan dari
karya tugas akhir ini adalah penciptaan buku anak berjudul "Jerapah Yang Angkuh" yang
bertujuan untuk mengurangi penggunaan gadget pada anak-anak, mengingat dampak
negatifnya terhadap kesehatan mata. Buku ini tidak hanya menjadi alternatif yang lebih
sehat dalam hal media pembelajaran, tetapi juga berfungsi sebagai alat edukasi untuk
membentuk karakter positif pada anak-anak.
The final project that the author created is a children's book entitled "Jerapah Yang
Angkuh" with illustrated stories. The work is made to divert the use of gadgets in children
that affect health, especially in children's eyes. This book is also an education for children
in the formation of good character in children. The theory that the author uses is the theory
of Widya and Darmawan (2016: 45-50) and the theory of Salisbury (2018: 59) used in
designing the illustration of the children's book "Jerapah Yang Angkuh". The author also
uses Enterprise theory to organize the layout of the book "Jerapapah Yang Angkuh". The
methods used by the author are observation, literature study, and digital questionnaire.
The author produces illustrations and layouts that are ready to be printed. The conclusion
of this final project is the creation of a children's book entitled "Jerapah Yang Angkuh"
which aims to reduce the use of gadgets in children, considering the negative impact on
eye health. This book is not only a healthier alternative in terms of learning media, but also
serves as an educational tool to form positive characters in children.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | 1. Refi Yuliana, S.Sos., M.Si., Dosen Pembimbing I ; 2. Gun Gun Waldi Gumilar, M.M., Dosen Pembimbing II |
Uncontrolled Keywords: | Ilustrasi, Tata Letak, Buku Anak, Jerapah Yang Angkuh, Illustration, Layout, Children's Book, The Arrogant Giraffe. |
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 070 Media berita, jurnalisme dan penerbitan > 070 Media berita, jurnalisme dan penerbitan 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan tinggi, unversitas |
Divisions: | Jurusan Penerbitan > Program Studi Penerbitan |
Depositing User: | Perpustakaan Polimedia |
Date Deposited: | 30 Apr 2025 02:59 |
Last Modified: | 30 Apr 2025 02:59 |
URI: | https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/856 |