PERANCANGAN BUKU CERITA DAN DONGENG BERGAMBAR BERBAHASA INGGRIS UNTUK ANAK SEKOLAH DASAR

FADHIL RAHMANTO IRSYAD, IRSYAD (2024) PERANCANGAN BUKU CERITA DAN DONGENG BERGAMBAR BERBAHASA INGGRIS UNTUK ANAK SEKOLAH DASAR. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of PERANCANGAN BUKU CERITA DAN DONGENG BERGAMBAR BERBAHASA INGGRIS UNTUK ANAK SEKOLAH DASAR] Text (PERANCANGAN BUKU CERITA DAN DONGENG BERGAMBAR BERBAHASA INGGRIS UNTUK ANAK SEKOLAH DASAR)
TA2024_6+_IRSYAD FADHIL RAHMANTO_laporan-1-16.pdf

Download (846kB)

Abstract

The aim of writing this final assignment is to design an English picture book for elementary
school children. English as an international language has an impact on Indonesia,
especially in this era of globalization. In this era of globalization, Indonesian people should
be fluent in English. However, many Indonesians are not fluent in English, and some
consider it trivial. The reason the author chose this topic is because Indonesian people
consider English to be trivial, especially elementary school students. To solve this problem,
the author decided to create an English picture story book. The stories raised are legends
from Indonesia, namely Malin Kundang, Dayang Sumbi and Sangkuriang, and Roro
Jonggrang. The author's reason for highlighting legends from Indonesia is to educate
elementary school students about local legends and folklore along with the moral messages
contained in these stories. The research method used to solve this problem was through
observation, interviews and surveys. In designing the work, the author used other English
picture story books as references, from layout to color selection. The author also created
many sketches that will be used in the book. These sketches range from just focusing on
one or two characters to having backgrounds. The works created are three story books and
fairy tales in English. The conclusion of this research is that bilingual picture storybooks
are an interesting way to guide elementary school children in learning English.
Tujuan dari penulisan Tugas Akhir ini adalah untuk merancang sebuah buku bergambar
berbahasa Inggris untuk anak sekolah dasar. Bahasa Inggris sebagai bahasa internasional
memiliki dampak bagi Indonesia, terutama dalam era globalisasi ini. Dalam era globalisasi
ini, masyarakat Indonesia seharusnya sudah bisa fasih berbahasa Inggris. Namun, banyak
masyarakat Indonesia yang tidak fasih berbahasa Inggris, dan ada pula yang
menganggapnya remeh. Alasan penulis mengambil topik ini karena masyarakat Indonesia
menganggap Bahasa Inggris sebagai hal yang sepele, terutama murid-murid sekolah dasar.
Untuk menyelesaikan permasalahan ini, penulis memutuskan untuk membuat sebuah buku
cerita bergambar berbahasa Inggris. Cerita yang diangkat adalah legenda-legenda dari
Indonesia, yaitu Malin Kundang, Dayang Sumbi dan Sangkuriang, dan Roro Jonggrang.
Alasan penulis mengangkat legenda-legenda dari Indonesia adalah untuk mendidik muridmurid sekolah dasar soal legenda dan cerita rakyat setempat beserta pesan moral yang
terkandung dalam cerita-cerita tersebut. Metode penelitian yang dilakukan untuk
menyelesaikan permasalahan ini adalah melalui metode observasi, wawancara, dan survei.
Dalam merancang karya, penulis menggunakan buku cerita bergambar berbahasa Inggris
lainnya sebagai referensi, mulai dari layout hingga pemilihan warna. Penulis juga membuat
banyak sketsa yang akan digunakan dalam buku. Sketsa-sketsa ini beragam mulai dari
hanya memfokuskan pada satu atau dua karakter hingga memiliki background. Karya yang
dibuat adalah tiga buah buku cerita dan dongeng berbahasa Inggris. Kesimpulan dari
penelitian ini adalah buku cerita bergambar dua bahasa adalah cara yang menarik dalam
membimbing anak SD dalam mempelajari Bahasa Inggris.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Yusuf Nurrachman, S.T., M.M.S.I., selaku Pembimbing I. Widi Sriyanto, S.Pd., M.Pd., selaku Pembimbing II.
Uncontrolled Keywords: Keywords: Picture Books, English Reading Ability, Children, Elementary School Level Kata Kunci: Buku Bergambar, Kemampuan Membaca Bahasa Inggris, Anak-Anak, Tingkat Sekolah Dasar
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan tinggi, unversitas
Divisions: Jurusan Desain > Program Studi Desain Grafis
Depositing User: Perpustakaan Polimedia
Date Deposited: 12 Feb 2025 07:22
Last Modified: 12 Feb 2025 07:22
URI: https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/86

Actions (login required)

View Item
View Item