PAMUNGKAS, BAYU (2024) PEMANFAATAN AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN & PENGENALAN MATERI MUTASI MENGGUNAKAN METODE WATERFALL DI MAN 15 JAKARTA. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.
![Eirin, G. (2024). Bagaimana Upaya Seorang Pelajar dalam Melestarikan Tradisi? Materi Kelas 4 SD. Kinoysan, A. (2016). In Jadi Penulis NonFiksi? Gampang Kok! Yogyakarta: Penerbit Andi. Kurniawan, R. (2019). Pacu Jawi di Kabupaten Tanah Datar. Pudiastuti, R [thumbnail of Eirin, G. (2024). Bagaimana Upaya Seorang Pelajar dalam Melestarikan Tradisi? Materi Kelas 4 SD. Kinoysan, A. (2016). In Jadi Penulis NonFiksi? Gampang Kok! Yogyakarta: Penerbit Andi. Kurniawan, R. (2019). Pacu Jawi di Kabupaten Tanah Datar. Pudiastuti, R]](https://repository.polimedia.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Naskah Laporan Tugas Akhir - Bayu Pamungkas-1-13.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
Abstract
Various human activities will be significantly impacted by the increasing
complexity of technological capacities. The term "augmented reality" (AR) describes
the practice of overlaying digital media, such as photos, videos, and music, into an
existing virtual environment in real-time. A prime example of this setting is the
classroom of MAN 15 East Jakarta. According to the author's observations and
discussions with biology teachers at MAN 15 East Jakarta, there are numerous
obstacles related to teaching and assessing the subject. A major issue is the lack of
student interest, which hampers efforts to enhance biology education. To address this,
the author is eager to help create an Android-based augmented reality tool to support
teachers in both traditional and virtual classrooms. Over time, this instructional tool
can complement traditional biology lessons inside and outside the classroom. The
research method used in this study is qualitative, conducted at Madrasah Aliyah Negeri
15 East Jakarta (MAN 15 Jakarta). The author employed the MDLC (Multimedia
Development Life Cycle) method to develop the augmented reality application in this
final project. The results of this study indicate that the author successfully applied the
MDLC method in designing the augmented reality application "Mutation Material."
The implementation of this interactive application offers an innovative and modern
learning option for MAN 15 East Jakarta. Furthermore, the "Mutation Material"
application can serve as an engaging tool to introduce mutation concepts to students,
thus making biology lessons more appealing and effective.
Berbagai aktivitas manusia akan sangat dipengaruhi oleh semakin
kompleksnya kapasitas teknologi. Istilah "augmented reality" (AR) menggambarkan
praktik menambahkan media digital, seperti foto, video, dan musik, ke dalam
lingkungan virtual yang sudah ada secara real-time. Contoh utama dari pengaturan
ini adalah ruang kelas di MAN 15 Jakarta Timur. Menurut pengamatan dan diskusi
penulis dengan guru biologi di MAN 15 Jakarta Timur, terdapat banyak kendala
terkait pengajaran dan penilaian mata pelajaran ini. Masalah utama adalah
kurangnya minat siswa, yang menghambat upaya untuk meningkatkan pendidikan
biologi. Untuk mengatasi hal ini, penulis ingin membantu menciptakan alat augmented
reality berbasis Android untuk mendukung guru di kelas tradisional dan virtual.
Seiring waktu, alat instruksional ini dapat melengkapi pelajaran biologi tradisional di
dalam dan di luar kelas. Metode penelitian yang digunakan dalam studi ini adalah
metode kualitatif, yang dilakukan di Madrasah Aliyah Negeri 15 Jakarta Timur (MAN
15 Jakarta). Penulis menggunakan metode MDLC (Multimedia Development Life
Cycle) untuk mengembangkan aplikasi augmented reality dalam proyek akhir ini. Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa penulis berhasil menerapkan metode MDLC dalam
merancang aplikasi augmented reality "Materi Mutasi." Implementasi aplikasi
interaktif ini menawarkan opsi pembelajaran yang inovatif dan modern untuk MAN 15
Jakarta Timur. Selain itu, aplikasi "Materi Mutasi" dapat berfungsi sebagai alat yang
menarik untuk memperkenalkan konsep mutasi kepada siswa, sehingga membuat
pelajaran biologi lebih menarik dan efektif.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | 1. Herly nurrahmi, S.Si, M.Kom. ; 2. Sanjaya Pinem, S.Kom., M.Sc. |
Uncontrolled Keywords: | Augmented Reality, Biology, Technology, MDLC |
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan tinggi, unversitas |
Divisions: | Jurusan Desain > Program Studi Teknologi Rekayasa Multimedia |
Depositing User: | Perpustakaan Polimedia |
Date Deposited: | 05 May 2025 03:29 |
Last Modified: | 05 May 2025 03:29 |
URI: | https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/863 |