PERANCANGAN APLIKASI EDUKASI SEBAGAI MEDIAPEMBELAJARAN BIOLOGI KLASIFIKASI JAMUR BERBASISANDROID (STUDI KASUS DI KELAS X MIPA SMA NEGERI 13 DEPOK)

ANGGRAENI, MAYA (2024) PERANCANGAN APLIKASI EDUKASI SEBAGAI MEDIAPEMBELAJARAN BIOLOGI KLASIFIKASI JAMUR BERBASISANDROID (STUDI KASUS DI KELAS X MIPA SMA NEGERI 13 DEPOK). Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of PERANCANGAN APLIKASI EDUKASI SEBAGAI MEDIAPEMBELAJARAN BIOLOGI KLASIFIKASI JAMUR BERBASISANDROID (STUDI KASUS DI KELAS X MIPA SMA NEGERI 13 DEPOK)] Text (PERANCANGAN APLIKASI EDUKASI SEBAGAI MEDIAPEMBELAJARAN BIOLOGI KLASIFIKASI JAMUR BERBASISANDROID (STUDI KASUS DI KELAS X MIPA SMA NEGERI 13 DEPOK))
Laporan Tugas Akhir_Maya Anggraeni (1).pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (991kB)

Abstract

Perancangan aplikasi edukasai sebagai media pembelajaran biologi klasifikasi jamur berbasis android merupakan karya tugas akhir ProgramStudi Teknologi Rekayasa Multimedia. Aplikasi edukasi berbasis android dirancang untuk pembelajaran biologi klasifikasi jamur bagi siswa kelas X MIPAdi SMA Negeri 13 Depok. Berdasarkan observasi dan wawancara, SMA Negeri 13 Depok belummemiliki aplikasi edukasi interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan aplikasi edukasi berbasis android yang interaktif serta memberikan pengalamanpembelajaran bagi siswa melalui fitur-fitur yang tersedia. Tinjauan Pustaka yangp enulis buat menggunakan teori aplikasi edukasi, media pembelajaran biologi dan pembelajran berbasis game. Metode penelitian yang digunakan yaitu pendekatankualitatif dengan jenis studi lapangan. Metode pengembangan sistem penelitian yaitu menggunakan R&D (Research and Development), dengan model ADDIE(Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluations). Pada tahapdevelopment proses pengembangan aplikasi pembelajaran menggunakan AdobeIllustrator dan Unity. Pada tahap implementasi dilakukan uji coba aplikasi yang telah dikembangkan kepada siswa untuk memeriksa fungsional terhadap fitur-fitur aplikasi. Hasil akhir dari penelitian ini menghasilkan aplikasi edukasi sebagai media pembelajaran biologi klasifikasi jamur berbasis android yang interaktif danmemberikan pengalaman menyenangkan kepada siswa.

Designing an educational application as an Android-based learning medium for fungal classification biology was the final project work of the Multimedia Engineering Technology Study Program. The Android-based educational application was designed for learning the biology of fungal classification for class X MIPA students at SMA Negeri 13 Depok. Based on observations and interviews, SMA Negeri 13 Depok did not yet have an interactive educational application. This research aimed to produce an Android-based educational application that was interactive and provided a learning experience for students throughth eavailable features. The author's literature review used educational application theory, biology learning media, and game-based learning. The research method used was a qualitative approach with a field study type. The research system development method used R&D (Research and Development), with the ADDIE(Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluations) model. At the development stage, the learning application development process used AdobeIllustrator and Unity. At the implementation stage, a trial of the application that
had been developed was carried out on students to check the functionality of the application features. The final results of this research produced an educational application as an Android-based fungal classification biology learning medium that was interactive and provided a fun experience for students.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1. Sanjaya Pinem, M.Sc. ; 2. Andriyana, S.Pd., M.Pd
Uncontrolled Keywords: Educational Application, Fungal Classification Biology Learning Media, Android Application, SMA Negeri 13 Depok, R&D, ADDIE, Aplikasi Edukasi, Media Pembelajaran Biologi Klasifikasi Jamur, Aplikasi Android
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan tinggi, unversitas
Divisions: Jurusan Desain > Program Studi Teknologi Rekayasa Multimedia
Depositing User: Perpustakaan Polimedia
Date Deposited: 06 May 2025 08:13
Last Modified: 06 May 2025 08:13
URI: https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/878

Actions (login required)

View Item
View Item