PENGEMBANGAN PADA GAME 3D “PESTYGO” BERBASIS DESKTOP UNTUK EDUKASI TENTANG HAMA DI PERKEBUNAN

Jadwa, Muhammad Aulia (2024) PENGEMBANGAN PADA GAME 3D “PESTYGO” BERBASIS DESKTOP UNTUK EDUKASI TENTANG HAMA DI PERKEBUNAN. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of PENGEMBANGAN PADA GAME 3D “PESTYGO” BERBASIS DESKTOP UNTUK EDUKASI TENTANG HAMA DI PERKEBUNAN] Text (PENGEMBANGAN PADA GAME 3D “PESTYGO” BERBASIS DESKTOP UNTUK EDUKASI TENTANG HAMA DI PERKEBUNAN)
Tugas Akhir-Muhammad Aulia Jadwa-20210049-1-14.pdf

Download (938kB)

Abstract

Pests, commonly referred to as pests, are often found in agriculture and plantations
with various plant species. According to data from the Central Statistics Agency
(BPS), the percentage of agriculture decreased from 2017 to 2022. This study
discusses the development of the 3D desktop-based game "Pestygo" to educate
about pests in plantations. This research aims to enhance user experience regarding
pests in plantations through a tailored game. The results indicate that games can
effectively improve educational effectiveness. The development method for
"Pestygo" follows the Game Development Life Cycle (GDLC), adjusted to be
accessible to all audiences, as it focuses on educating about pests in plantations
and agriculture. "Pestygo" has undergone alpha and beta testing phases. The alpha
test deemed it suitable to proceed to beta testing, which showed an 85.77%
readiness for release.

Hewan Perusak atau yang biasa kita dengar dengan kata lain sebagai Hama
seringkali ditemukan di pertanian maupun perkebunan yang memiliki tanaman
yang jumlahnya beragam. Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS),
presentase pertanian menurun pada 2017-2022. Penelitian ini membahas
pengembangan pada game 3D “Pestygo” berbasis desktop untuk mengedukasi
mengenai hama di perkebunan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menambah
pengalaman user tentang hama di perkebunan melalui Game yang telah
disesuaikan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Game bisa menjadi hal
yang efektif untuk meningkatkan efektivitas edukasi. Metode pengembangan Game
yang akan dikembangkan menggunakan metode Game Development Life Cycle
(GDLC) yang disesuaikan dapat diterima oleh semua kalangan baik karena game
ini merupakan sebuah edukasi yang dikhususkan untuk menanggulangi hama yang
terdapat pada perkebunan maupun pertanian. Game “Pestygo” telah melalui alpha
test dan beta test. Pada alpha test sudah layak untuk dilanjutkan ke tahap beta test.
Pada beta test menunjukkan hasil 85,77% game sudah siap untuk dirilis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1. Bapak Dipl.-ing. Deddy Stevano H. Tobing, M.Si (Han)., sebagai Dosen Pembimbing I ; 2. Ibu Prilly Fitria Aziz, S.Kom., M.Kom., sebagai Dosen Pembimbing II
Uncontrolled Keywords: Pests, 3D Game, Education, Game Development Life Cycle, Hama, Game 3D, Edukasi
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan tinggi, unversitas
700 - Seni dan Rekreasi > 770 Seni fotografi, komputer, film, video > 776 Seni komputer (seni digital)
Divisions: Jurusan Desain > Program Studi Teknologi Permainan
Depositing User: Perpustakaan Polimedia
Date Deposited: 12 Feb 2025 08:03
Last Modified: 12 Feb 2025 08:03
URI: https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/88

Actions (login required)

View Item
View Item