PERANCANGAN GAME EDUKASI TENTANG ADAT DAN BUDAYA DI PULAU JAWA SEBAGAI SARANA PEMBELAJARANANAK-ANAK

Wisesa, Aryo Widya (2024) PERANCANGAN GAME EDUKASI TENTANG ADAT DAN BUDAYA DI PULAU JAWA SEBAGAI SARANA PEMBELAJARANANAK-ANAK. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of PERANCANGAN GAME EDUKASI TENTANG ADAT DAN  BUDAYA DI PULAU JAWA SEBAGAI SARANA  PEMBELAJARAN ANAK-ANAK] Text (PERANCANGAN GAME EDUKASI TENTANG ADAT DAN BUDAYA DI PULAU JAWA SEBAGAI SARANA PEMBELAJARAN ANAK-ANAK)
LAPORAN TUGAS AKHIR_Aryo Widya Wisesa.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

The study presents the android based education game as the cultural and cultural instruction tool for students at SDN 03 grand temple, south Jakarta. Using adobe illustrator and unity technology, the game is designed to introduce and maintain the cultural diversity of the island of Java. The system design is the game development life cycle (GDLC). So the game gets a positive response with a 78% average. The game has several features, including the study of customs and cultures such as tribal homes, traditional clothes, regional weapons, and local Musical Instruments. Additionally, there are features of quiz games designed to
attract children after they study.

Penelitian ini menghadirkan game edukasi berbasis Android sebagai alat bantu pembelajaran adat dan budaya bagi siswa di SDN 03 Lenteng Agung, Jakarta Selatan. Dengan menggunakan teknologi Adobe Illustrator dan Unity, game ini dirancang untuk memperkenalkan serta mempertahankan keanekaragaman budaya Pulau Jawa. Game ini menggunakan metode perancangan system yaitu Game Development Life Cycle (GDLC). Sehingga game ini mendapatkan tanggapan positif dengan nilai rata-rata 78%. game ini memiliki beberapa fitur, termasuk
pembelajaran tentang adat dan budaya seperti rumah adat, pakaian adat, senjata daerah, dan alat musik daerah. Selain itu, terdapat fitur permainan kuis yang dirancang untuk menarik minat anak-anak bermain setelah mereka belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1. Herly Nurahmi M.Kom. ; 2. Dwi Manda Rahayu, M.M
Uncontrolled Keywords: cultural and cultural studies, games, Game Development Life Cycle, Android, Pembelajaran Adat dan Budaya, Game
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan tinggi, unversitas
Divisions: Jurusan Desain > Program Studi Teknologi Rekayasa Multimedia
Depositing User: Perpustakaan Polimedia
Date Deposited: 08 May 2025 03:40
Last Modified: 08 May 2025 03:40
URI: https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/883

Actions (login required)

View Item
View Item