Wijayanto, Dimas Sakti (2024) PENGEMBANGAN GAME BERBASIS PLATFORMER BERDASARKAN SEJARAH NUSANTARA (LAKSAMANA MALHAYATI) DALAM GAME YURA NUSANTARA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.
![PENGEMBANGAN GAME BERBASIS PLATFORMER BERDASARKAN SEJARAH NUSANTARA (LAKSAMANA MALHAYATI) DALAM GAME YURA NUSANTARA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING [thumbnail of PENGEMBANGAN GAME BERBASIS PLATFORMER BERDASARKAN SEJARAH NUSANTARA (LAKSAMANA MALHAYATI) DALAM GAME YURA NUSANTARA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING]](https://repository.polimedia.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
File Laporan Akhir Dimas Sakti Wijayanto-1-14.pdf
Download (414kB)
Abstract
Indonesia's literacy rate is considered low, with a minimal reading culture,
especially among children. This has prompted the development of educational
games with historical elements to increase reading interest and historical
knowledge. Game Yuga Prahara Nusantara, with its large fan base, has the
potential to be developed into an engaging historical education platform. This
study aims to analyze the potential of Game Yuga Prahara Nusantara in
enhancing historical literacy. The integration of historical elements at each level
of game design is evaluated based on its aesthetic value and effectiveness in
improving players' understanding of historical context. Design Thinking is
employed as a framework to understand user needs and redefine problems in the
development of this educational game. The research findings demonstrate that
Game Yuga Prahara Nusantara has great potential to enhance historical literacy.
The integration of historical elements into the game design provides aesthetic
value and helps players grasp historical context. Design Thinking proves
beneficial in developing this educational game, enabling the identification of
alternative strategies to create an immersive and educational gaming experience.
This study contributes to developing effective historical educational games to
improve literacy and historical knowledge. Game Yuga Prahara Nusantara can be
an example of an engaging and beneficial educational platform for its players,
particularly the younger generation.
Tingkat literasi di Indonesia tergolong rendah, dengan budaya membaca yang
minim, terutama di kalangan anak-anak. Hal ini mendorong pengembangan game
edukasi dengan unsur sejarah sebagai solusi untuk meningkatkan minat baca dan
pengetahuan sejarah. Game Yuga Prahara Nusantara, dengan basis penggemar
yang besar, memiliki potensi untuk dikembangkan menjadi platform edukasi
sejarah yang menarik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis potensi Game
Yuga Prahara Nusantara dalam meningkatkan literasi sejarah. Integrasi unsur
sejarah pada setiap level desain game dievaluasi berdasarkan nilai estetika dan
efektivitasnya dalam meningkatkan pemahaman pemain terhadap konteks sejarah.
Design Thinking digunakan sebagai kerangka kerja untuk memahami kebutuhan
pengguna dan mendefinisikan ulang masalah dalam pengembangan game edukasi
ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Game Yuga Prahara Nusantara memiliki
potensi yang besar untuk meningkatkan literasi sejarah. Integrasi unsur sejarah
pada desain game memberikan nilai estetika dan membantu pemain memahami
konteks sejarah. Design Thinking terbukti bermanfaat dalam pengembangan game
edukasi ini, memungkinkan identifikasi strategi alternatif untuk menciptakan
pengalaman bermain yang mendalam dan edukatif. Penelitian ini memberikan
kontribusi pada pengembangan game edukasi sejarah yang efektif dalam
meningkatkan literasi dan pengetahuan sejarah. Game Yuga Prahara Nusantara
dapat menjadi contoh platform edukasi yang menarik dan bermanfaat bagi para
pemainnya, khususnya generasi muda.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | 1. Ibu Prily Fitria Aziz, S.Kom., M.Kom., selaku Pembimbing I. ; 2. Bapak Andrian, S.Kom, M.Kom., selaku pembimbing II |
Uncontrolled Keywords: | Literacy, Game, Education, History, Design Thinking, Literasi , Game, Edukasi, Sejarah, Design Thinking |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan tinggi, unversitas 700 - Seni dan Rekreasi > 770 Seni fotografi, komputer, film, video > 776 Seni komputer (seni digital) |
Divisions: | Jurusan Desain > Program Studi Teknologi Permainan |
Depositing User: | Perpustakaan Polimedia |
Date Deposited: | 12 Feb 2025 08:03 |
Last Modified: | 12 Feb 2025 08:03 |
URI: | https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/89 |