PEMETAAN TEXTURE BAKING PADA PERMAINAN “PESTYGO” UNTUK OPTIMASI MODEL 3D KARTUNIS (3D ARTIST)

Sandra, Yazid Ilmi Putra (2024) PEMETAAN TEXTURE BAKING PADA PERMAINAN “PESTYGO” UNTUK OPTIMASI MODEL 3D KARTUNIS (3D ARTIST). Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of PEMETAAN TEXTURE BAKING PADA PERMAINAN “PESTYGO” UNTUK OPTIMASI MODEL 3D KARTUNIS (3D ARTIST)] Text (PEMETAAN TEXTURE BAKING PADA PERMAINAN “PESTYGO” UNTUK OPTIMASI MODEL 3D KARTUNIS (3D ARTIST))
Laporan Tugas Akhir_(Yazid Ilmi Putra Sandra 20210082)-1-18.pdf

Download (953kB)

Abstract

Cartoonist 3D modeling requires many polygons in the 3D model so that the
game visuals still look attractive to users. This results in lag (FPS drop) in the game,
so the user's playing experience when running "Pestygo" can be disrupted. This
research aims to optimize the cartoonist 3D model through the application of
texture-baking mapping techniques, to maintain the visual quality of the model
without disturbing the user's playing experience. This research method involves the
MDLC (Mulimedia Development Life Cycle) process so that the manufacturing
process can be structured properly. This research produces a cartoonist 3D model
that is optimally used for a game asset "Pestygo" by maintaining the quality of
visual appearance.

Pada pembuatan model 3D Kartunis diperlukan jumlah poligon yang tinggi
pada model 3D agar visual permainan tetap terlihat menarik oleh pengguna, hal ini
mengakibatkan lag (penurunan FPS) pada permainan, sehingga pengalaman
bermain pengguna saat menjalankan permainan “Pestygo” dapat terganggu.
Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalkan model 3D kartunis melalui
penerapan teknik pemetaan texture baking, sehingga dapat mempertahankan
kualitas visual model tanpa mengganggu pengalaman bermain pengguna. Metode
penelitian ini melibatkan proses MDLC (Multimedia Development Life Cycle)
Sehingga proses pembuatan dapat terstruktur dengan baik. Penelitian ini
menghasilkan model 3D kartunis yang optimal digunakan untuk sebuah aset
permainan “Pestygo” dengan mempertahankan kualitas tampilan visual.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1. Bapak Dipl.-ing. Deddy Stevano H. Tobing, M.Si (Han) Sebagai Pembimbing 1 ; 2. Bapak Deni Kuswoyo, S.Kom, M.Kom Sebagai Pembimbing 2
Uncontrolled Keywords: 3D Model Optimization, 3D Cartoonist, Texture Baking, MDLC, User Experiences, Optimasi Model 3D, 3D Kartunis, Texture Baking, MDLC, Pengalaman pengguna.
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan tinggi, unversitas
700 - Seni dan Rekreasi > 770 Seni fotografi, komputer, film, video > 776 Seni komputer (seni digital)
Divisions: Jurusan Desain > Program Studi Teknologi Permainan
Depositing User: Perpustakaan Polimedia
Date Deposited: 12 Feb 2025 08:03
Last Modified: 12 Feb 2025 08:03
URI: https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/90

Actions (login required)

View Item
View Item