PERANCANGAN BUSANA READY-TO-WEAR YANG TERINSPIRASI OLEH ALBUM HOT SAUCE BOYBAND KPOP NCT DREAM

Setyawanty, Vivi (2024) PERANCANGAN BUSANA READY-TO-WEAR YANG TERINSPIRASI OLEH ALBUM HOT SAUCE BOYBAND KPOP NCT DREAM. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of PERANCANGAN BUSANA READY-TO-WEAR YANG TERINSPIRASI OLEH ALBUM HOT SAUCE BOYBAND KPOP NCT DREAM] Text (PERANCANGAN BUSANA READY-TO-WEAR YANG TERINSPIRASI OLEH ALBUM HOT SAUCE BOYBAND KPOP NCT DREAM)
Laporan ta vivi final bismillah-1-15.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (500kB)

Abstract

NCT atau Neo Culture Technology adalah salah satu boygroup bentukan dari SM
Entertaiment. Official SM entertainment NCT Dream hanya menjual jenis busana
kaos, jaket dan merchandise saja dimana para penggemar wanita NCT Dream
menginginkan busana siap pakai dengan motif motif sentuhan NCT Dream yang
bisa dipakai pada kegiatan konser Kpop dan event event Kpop lainnya.
Membutuhkan inovasi baru produk busana siap pakai terhadap motif yang memiliki
identitas NCT Dream. Album lagu dari NCT Dream yang paling digemari oleh
penggemar ialah album Hot Sauce sehingga Penulis melakukan kegiatan observasi,
wawancara dan kuesioner untuk pengumpulan data. Penelitian ini bertujuan untuk
mengeksplorasi dan mengembangkan motif pada album Hot Sauce pada produk
busana wanita siap pakai. Metode penelitian ini eksplorasi kualitatif dengan
pendekatan Design Thinking Hasso Platner. Hasil dari eksplorasi motif album Hot
Sauce dengan teknik printing pada busana siap pakai, melalui penelitian ini
menunjukan potensi untuk menciptakan motif baru pada identitas NCT Dream.
Dapat disimpulkan busana siap pakai dengan motif yang terinspirasi oleh album
Hot Sauce NCT Dream dengan style sporty casual dan look pop art, merupakan
pilihan yang menyatu dengan karakter dari album Hot Sauce NCT Dream.

NCT or Neo Culture Technology is a boy group formed by SM Entertainment.
Official SM entertainment NCT Dream only sells t-shirts, hoodies and
merchandise, where NCT Dream female fans want ready-to-wear clothing with a
touch of NCT Dream motifs that can be worn at Kpop concerts and other Kpop
events. And requires new innovations in ready-to-wear clothing products with
motifs that have the NCT Dream identity. The song album from NCT Dream that is
most popular with fans is the Hot Sauce album. So the author carried out
observations, interviews and questionnaires to collect data. This research aims to
explore and develop the motifs on the Hot Sauce album on ready-to-wear women's
clothing products. This research method is a qualitative exploration using Hasso
Platner's Design Thinking approach. The results of exploring the Hot Sauce album
motif using printing techniques on ready-to-wear clothing show the potential for
creating new motifs for the NCT Dream identity. It can be concluded that ready-towear clothing with motifs inspired by NCT Dream's Hot Sauce album with a sporty
casual style and pop art look, is a choice that blends with the character of NCT
Dream's Hot Sauce album.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1. Pratiwi Kusumowardhani, M.Ds, Dosen pembimbing I ; 2. Hesti Nurhayati, SH., M.Si, Dosen pembimbing II
Uncontrolled Keywords: Busana Siap Pakai, NCT Dream, Pop Korea, Ready-to-Wear
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan tinggi, unversitas
700 - Seni dan Rekreasi > 740 Seni grafis dan seni dekoratif > 746 Seni tekstil
Divisions: Jurusan Desain > Program Studi Desain Mode
Depositing User: Perpustakaan Polimedia
Date Deposited: 14 May 2025 03:17
Last Modified: 14 May 2025 03:17
URI: https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/906

Actions (login required)

View Item
View Item