PERANCANGAN ASSET GAME 2D “NISKALA” BERBASIS MOBILE DENGAN TEKNIK VECTOR ART

Arsyillah, Muhammad Rayfihan (2024) PERANCANGAN ASSET GAME 2D “NISKALA” BERBASIS MOBILE DENGAN TEKNIK VECTOR ART. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of PERANCANGAN ASSET GAME 2D “NISKALA” BERBASIS MOBILE DENGAN TEKNIK VECTOR ART] Text (PERANCANGAN ASSET GAME 2D “NISKALA” BERBASIS MOBILE DENGAN TEKNIK VECTOR ART)
Laporan Tugas Akhir.pdf

Download (1MB)

Abstract

The development of a 2D mobile-based game titled "Niskala" aims to create an
engaging and educational gaming experience for users. This game combines
adventure and puzzle elements with a storyline that highlights culture and
mythology. The methods used in the development of this game include concept
design, character and environment design, game mechanism development, and
testing and evaluation. The tools used include Unity as the main engine, Blender
for creating 3D models converted to 2D sprites, and Adobe Photoshop for graphic
design. Testing was conducted iteratively to ensure the game runs smoothly on
various mobile devices. The development results show that the "Niskala" game
provides an enjoyable gaming experience and enhances players' knowledge of
culture. Feedback from early users indicated a positive response to the visual and
gameplay aspects, with suggestions for improvements such as adding interactive
features and refining the storyline. This game development is expected to serve as
a reference for other developers in creating educational games that leverage
mobile technology.

Pengembangan game 2D berbasis mobile dengan judul "Niskala" bertujuan untuk
menciptakan pengalaman bermain yang menarik dan edukatif bagi pengguna.
Game ini menggabungkan elemen petualangan dan teka-teki dengan latar
belakang cerita yang mengangkat budaya dan mitologi. Metode yang digunakan
dalam pengembangan game ini meliputi perancangan konsep, pembuatan desain
karakter dan lingkungan, pengembangan mekanisme permainan, serta pengujian
dan evaluasi. Tools yang digunakan mencakup Unity sebagai engine utama,
Blender untuk pembuatan model 3D yang diubah menjadi sprite 2D, dan Adobe
Photoshop untuk desain grafis. Pengujian dilakukan secara iteratif untuk
memastikan game berjalan lancar pada berbagai perangkat mobile. Hasil
pengembangan menunjukkan bahwa game "Niskala" mampu memberikan
pengalaman bermain yang menyenangkan serta meningkatkan pengetahuan
pemain tentang budaya. Umpan balik dari pengguna awal menunjukkan respons
positif terhadap aspek visual dan gameplay, namun ada beberapa saran untuk
peningkatan seperti penambahan fitur interaktif dan penyempurnaan alur cerita.
Pengembangan game ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi pengembang
lain dalam menciptakan game edukatif yang memanfaatkan teknologi mobile.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1. Rudy Cahyadi, S.Si., M.T., Sebagai Dosen Pembimbing 1 ; 2. Andrian, S.Kom., M.Kom., Sebagai Dosen Pembimbing 2
Uncontrolled Keywords: 2D Game, Mobile, Niskala, Unity, Game Development, Game 2D, Pengembangan Game.
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan tinggi, unversitas
700 - Seni dan Rekreasi > 770 Seni fotografi, komputer, film, video > 776 Seni komputer (seni digital)
Divisions: Jurusan Desain > Program Studi Teknologi Permainan
Depositing User: Perpustakaan Polimedia
Date Deposited: 12 Feb 2025 08:03
Last Modified: 12 Feb 2025 08:03
URI: https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/93

Actions (login required)

View Item
View Item