PENGEMBANGAN GAME “Gege” BERBASIS MULTIPLAYER ONLINE DAN PROCEDURAL LEVEL (Sebagai Programmer)

Gunawan, Agung (2024) PENGEMBANGAN GAME “Gege” BERBASIS MULTIPLAYER ONLINE DAN PROCEDURAL LEVEL (Sebagai Programmer). Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of PENGEMBANGAN GAME “Gege” BERBASIS MULTIPLAYER ONLINE DAN PROCEDURAL LEVEL (Sebagai Programmer)] Text (PENGEMBANGAN GAME “Gege” BERBASIS MULTIPLAYER ONLINE DAN PROCEDURAL LEVEL (Sebagai Programmer))
1. Laporan TA_Agung Gunawan-1-15.pdf

Download (974kB)

Abstract

This project aims to develop an innovative online multiplayer and procedural
level-based educational game, focusing on user experience and engaging game
mechanics. The main goal of the game development is to create a game that is not
only entertaining but also educational, by combining simple physics, puzzles and
common obstacles in one exciting gaming experience. Game development was
conducted using the Unity game engine and the C# programming language using
the PUN2 framework. The development stages included concept design and game
development, as well as iteration based on user feedback. The project team
consisted of game designers, programmers, and artists. The resulting educational
game is a multiplayer game with a maximum of 4 players that aims to solve
puzzles and pass obstacles together. In addition, the implementation of innovative
game mechanics such as online multiplayer and procedural levels received high
appreciation from users. This project demonstrates that game development that
combines educational elements with engaging gameplay can create a unique and
rewarding experience for players. The success of this project opens up
opportunities for further exploration in the integration of educational elements in
game design.

Proyek ini bertujuan untuk mengembangkan game edukasi berbasis procedural
level dan multiplayer online yang inovatif, dengan fokus pada pengalaman
pengguna dan mekanisme permainan yang menarik. Tujuan utama dari
pengembangan game ini adalah menciptakan game yang tidak hanya menghibur
tetapi juga mendidik, dengan menggabungkan fisika sederhana, puzzle dan
obstacle umum dalam satu pengalaman bermain yang seru. Pengembangan game
dilakukan menggunakan mesin game Unity dan bahasa pemrograman C# dengan
memakai framework PUN2. Tahapan pengembangan meliputi perancangan
konsep dan pengembangan game, serta iterasi berdasarkan umpan balik pengguna.
Tim proyek terdiri dari desainer game, programmer, dan artist. Game edukasi
yang dihasilkan adalah game multiplayer dengan maksimal 4 pemain yang
bertujuan menyelesaikan puzzle dan melewatin obstacle bersama. Selain itu,
implementasi mekanisme permainan yang inovatif seperti multiplayer online dan
procedural level mendapat apresiasi tinggi dari pengguna. Proyek ini
menunjukkan bahwa pengembangan game yang menggabungkan elemen edukasi
dengan gameplay yang menarik dapat menciptakan pengalaman yang unik dan
bermanfaat bagi pemain. Keberhasilan proyek ini membuka peluang untuk
eksplorasi lebih lanjut dalam integrasi elemen pendidikan dalam desain game.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1. Ibu Yuyun Khairunisa, S.Si., M.Kom, sebagai dosen pembimbing I ; 2. Bapak Deni Kuswoyo, S.Kom., M.Kom, sebagai dosen pembimbing II
Uncontrolled Keywords: Educational game, Unity, C#, PUN2, Game edukasi
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan tinggi, unversitas
700 - Seni dan Rekreasi > 770 Seni fotografi, komputer, film, video > 776 Seni komputer (seni digital)
Divisions: Jurusan Desain > Program Studi Teknologi Permainan
Depositing User: Perpustakaan Polimedia
Date Deposited: 13 Feb 2025 04:05
Last Modified: 13 Feb 2025 04:05
URI: https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/96

Actions (login required)

View Item
View Item