PERANCANGAN WORLD DESIGN PADA GAME EDUKASI FLOODSCAPE: PETUALANGAN MITIGASI BANJIR BERBASIS ANDROID

Gusnandar, Himawan (2024) PERANCANGAN WORLD DESIGN PADA GAME EDUKASI FLOODSCAPE: PETUALANGAN MITIGASI BANJIR BERBASIS ANDROID. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of PERANCANGAN WORLD DESIGN PADA GAME EDUKASI FLOODSCAPE: PETUALANGAN MITIGASI BANJIR BERBASIS ANDROID] Text (PERANCANGAN WORLD DESIGN PADA GAME EDUKASI FLOODSCAPE: PETUALANGAN MITIGASI BANJIR BERBASIS ANDROID)
Tugas Akhir Himawan Gusnandar - 19021024 - Game Teknologi-1-13.pdf

Download (819kB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji perancangan World Design menggunakan metode Design
Thinking pada game edukasi mitigasi bencana banjir "Floodscape: Petualangan
Mitigasi Banjir Berbasis Android". Penelitian ini bertujuan untuk mengintegrasikan
prinsip-prinsip Design Thinking dalam pengembangan game edukasi untuk
memperkuat pemahaman pengguna terhadap mitigasi bencana banjir. Metode
penelitian yang digunakan meliputi tahapan empat fase Design Thinking, yaitu
empati, definisi, ideasi, dan prototipe. Data dikumpulkan melalui wawancara dan
uji coba game pada pengguna untuk mengevaluasi keefektifan desain. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa penerapan Design Thinking dapat meningkatkan
kualitas interaksi dan pengalaman pengguna dalam memahami strategi mitigasi
bencana banjir melalui game edukasi "Floodscape". Implikasi praktis dari
penelitian ini adalah kontribusi terhadap pengembangan game edukasi yang lebih
efektif dalam mengajarkan mitigasi bencana kepada masyarakat, serta rekomendasi
untuk pengembangan lebih lanjut dalam bidang ini.

This study examines the World Design using the Design Thinking method in the
educational flood mitigation game "Floodscape: Adventure in Flood Mitigation for
Android". The research aims to integrate Design Thinking principles into the
development of educational games to enhance users' understanding of flood
disaster mitigation. The research methodology involves the four phases of Design
Thinking: empathy, definition, ideation, and prototyping. Data were collected
through interviews and game testing with users to evaluate the effectiveness of the
design. The results indicate that the application of Design Thinking can improve
the quality of interaction and user experience in understanding flood mitigation
strategies through the educational game "Floodscape". The practical implications
of this research contribute to the development of more effective educational games
for teaching disaster mitigation to the public, as well as recommendations for
further development in this field.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1. Dipl.-ing. Deddy Stevano H. Tobing, M.Si (Han)., selaku Pembimbing 1 ; 2. Eka Desy asgawanti, S.S., M.Pd., selaku Pembimbing 2
Uncontrolled Keywords: World Design, Design Thinking, Game Edukasi, Mitigasi Bencana Banjir, Educational game, Flood disaster mitigation
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan tinggi, unversitas
700 - Seni dan Rekreasi > 770 Seni fotografi, komputer, film, video > 776 Seni komputer (seni digital)
Divisions: Jurusan Desain > Program Studi Teknologi Permainan
Depositing User: Perpustakaan Polimedia
Date Deposited: 13 Feb 2025 03:17
Last Modified: 13 Feb 2025 03:17
URI: https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/97

Actions (login required)

View Item
View Item