PEMBUATAN ASET GAME “DIVIJA” DENGAN MENERAPKAN STYLE ANIME DIATAS KACA PATRI

Nurulain, Salsabila (2024) PEMBUATAN ASET GAME “DIVIJA” DENGAN MENERAPKAN STYLE ANIME DIATAS KACA PATRI. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of PEMBUATAN ASET GAME “DIVIJA” DENGAN MENERAPKAN STYLE ANIME DIATAS KACA PATRI] Text (PEMBUATAN ASET GAME “DIVIJA” DENGAN MENERAPKAN STYLE ANIME DIATAS KACA PATRI)
Laporan TA Salsabila Nurulain-1-14.pdf

Download (611kB)

Abstract

This study explores the application of anime-style illustrations, designed to
give the illusion of stained glass, in the development of a final project game titled
"Divija." as a Game Artist. This style was chosen to create a unique visual
experience in educational games, combining anime and stained glass styles,
which are rarely found in game development. The anime visual style is used to
attract general interest, while the stained glass style provides a historical
impression from the 1800s, reinterpreted with modern illustration trends. The
illustration process is carried out digitally using Procreate and Figma. The
Double Diamond method is used for the overall game asset development process.
The results of this study are expected to contribute to the development of digital
art, especially video games, enhance the visual appeal of games, and be an
inspiration for game developers and digital artists.

Kajian ini mengeksplorasi penerapan ilustrasi dengan gaya visual anime
yang digambarkan dengan memberikan ilusi seperti dibuat diatas kaca patri pada
pengembangan game untuk tugas akhir yang berjudul "Divija" sebagai
pengemban peran Seniman Game. Gaya ini dipilih untuk menciptakan
pengalaman visual unik dalam pembelajaran game edukasi dengan gaya visual
yang masih jarang ditemukan dalam pengembangan game dengan perpaduan
anime dengan style yang digambarkan diatas kaca patri. Gaya visual anime
digunakan sebagai penarik minat bermain bagi khayalak umum dan perpaduan
gaya yang digambarkan pada kaca patri digunakan demi memberikan kesan
historis dengan latar waktu tahun 1800an yang diolah kembali sesuai dengan tren
ilustrasi modern. Proses penerapan ilustrasi dilakukan secara digital menggunakan
aplikasi Procreate dan Figma. Secara keseluruhan dilakukan metode Double
Diamond dalam proses pengembangan aset game. Hasil kajian ini diharapkan
dapat memberikan kontribusi pada pengembangan seni digital khususnya video
game, meningkatkan daya tarik visual permainan, dan menjadi inspirasi bagi
pengembang game dan seniman digital.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1. Nofiandri Setyasmara, M.T., Dosen Pembimbing I ; 2. Ilham Khalid Setiawan, ST., Dosen Pembimbing II
Uncontrolled Keywords: Art style, illustration, anime, stained glass, game artist, Gaya visual, ilustrasi, anime, kaca patri, seniman game
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan tinggi, unversitas
700 - Seni dan Rekreasi > 770 Seni fotografi, komputer, film, video > 776 Seni komputer (seni digital)
Divisions: Jurusan Desain > Program Studi Teknologi Permainan
Depositing User: Perpustakaan Polimedia
Date Deposited: 13 Feb 2025 04:06
Last Modified: 13 Feb 2025 04:06
URI: https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/99

Actions (login required)

View Item
View Item