EFEKTIVITAS 2D CHARACTER DAN ASSETS MAKING PADA VIDEO ANIMASI "SCREW IT" SEBAGAI MEDIA EDUKASI PROBLEM SOLVING “Studi kasus pada anak sekolah dasar wilayah Jakarta Selatan”

Ulhaq Daffa, Daffa (2024) EFEKTIVITAS 2D CHARACTER DAN ASSETS MAKING PADA VIDEO ANIMASI "SCREW IT" SEBAGAI MEDIA EDUKASI PROBLEM SOLVING “Studi kasus pada anak sekolah dasar wilayah Jakarta Selatan”. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of EFEKTIVITAS 2D CHARACTER DAN ASSETS MAKING PADA VIDEO ANIMASI "SCREW IT" SEBAGAI MEDIA EDUKASI PROBLEM SOLVING “Studi kasus pada anak sekolah dasar wilayah Jakarta Selatan”] Text (EFEKTIVITAS 2D CHARACTER DAN ASSETS MAKING PADA VIDEO ANIMASI "SCREW IT" SEBAGAI MEDIA EDUKASI PROBLEM SOLVING “Studi kasus pada anak sekolah dasar wilayah Jakarta Selatan”)
Laporan Tugas Akhir Daffa Ulhaq 20230031 CF6-1-13.pdf

Download (1MB)

Abstract

This research examines the design of an animated film titled "Screw It!" as a
medium for problem-solving education. The goal of creating this animated film is
to teach kids about responsibility and problem-solving, while also contributing to
academic literature, particularly in the fields of animation and multimedia-based
learning media development. The research employs 2D Character and Assets
Making methods, utilizing Photoshop software to create an engaging and unique
animation style for "Screw It!". Quantitative data collection techniques are used,
including distributing questionnaires to elementary school students. The findings
indicate that the animated film "Screw It!" can effectively serve as an educational
tool for teaching problem-solving and responsibility to kids.
Keywords: Animation, Problem Solving, 2D Chararcter, Assets Making
Penelitian ini mengkaji perancangan film animasi berjudul "Screw It!" sebagai
media edukasi pemecahan masalah. Tujuan dari pembuatan film animasi ini adalah
untuk mengajarkan anak anak tentang tanggung jawab dan pemecahan masalah,
serta memberikan kontribusi pada literatur akademis, khususnya di bidang animasi
dan pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia. Penelitian ini
menggunakan metode 2D Character dan Assets Making, dengan memanfaatkan
software Photoshop untuk menciptakan gaya animasi yang menarik dan unik untuk
film animasi "Screw It!". Teknik pengumpulan data kuantitatif digunakan,
termasuk menyebarkan kuesioner kepada siswa sekolah dasar. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa film animasi "Screw It!" secara efektif dapat menjadi alat
pendidikan untuk mengajarkan pemecahan masalah dan tanggung jawab kepada
anak-anak.
Kata Kunci: Animasi, Pemecahan Masalah, Karakter 2D, Pembuatan Aset 2D

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Maria Ulfah, S.Pd., M.M., Moses Raissa Graceivan, M.Sn.,
Uncontrolled Keywords: Keywords: Animation, Problem Solving, 2D Chararcter, Assets Makin Kata Kunci: Animasi, Pemecahan Masalah, Karakter 2D, Pembuatan Aset 2D
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan tinggi, unversitas
Divisions: Jurusan Desain > Program Studi Animasi
Depositing User: Perpustakaan Polimedia
Date Deposited: 26 May 2025 03:15
Last Modified: 26 May 2025 03:15
URI: https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/1003

Actions (login required)

View Item
View Item