SHAFFIYA HUMAIRRA SANDRI, SANDRI (2024) PERANCANGAN CHARACTER DESIGN, STORYBOARD, DAN 2D ANIMATION PADA VIDEO ANIMASI “KULON” DALAM EDUKASI MANAJEMEN WAKTU PERKULIAHAN DARING PADA MAHASISWA. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.
![PERANCANGAN CHARACTER DESIGN, STORYBOARD, DAN 2D ANIMATION PADA VIDEO ANIMASI “KULON” DALAM EDUKASI MANAJEMEN WAKTU PERKULIAHAN DARING PADA MAHASISWA [thumbnail of PERANCANGAN CHARACTER DESIGN, STORYBOARD, DAN 2D ANIMATION PADA VIDEO ANIMASI “KULON” DALAM EDUKASI MANAJEMEN WAKTU PERKULIAHAN DARING PADA MAHASISWA]](https://repository.polimedia.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PENULISAN TUGAS AKHIR SANDRI SHAFFIYA - CD FINAL-1-13.pdf
Download (1MB)
Abstract
This research discusses the design of an animated video entitled “KULON” as a
medium for educating students on time management during online classes. The purpose
of this animation video project is to educate students on managing their time
management during online learning. The study was conducted during the 8th semester,
focusing on various aspects of the animation production process, including character
design, storyboard development, and 2D animation as part of the animation pipeline.
The research utilized a qualitative descriptive method with a design thinking
framework. The data was collected through a questionnaire involving 30 respondents
who are students currently engaged in online classes. The results of the study
demonstrate that the “KULON” animated video is an effective educational tool for
students in the context of online learning.
Keywords: Animation, 2D Animation, Storyboard, Character Design, Time
Management, Online Classes
Penelitian ini membahas perancangan video animasi berjudul “KULON” sebagai
media edukasi untuk membantu mahasiswa dalam manajemen waktu selama
perkuliahan daring. Tujuan dari pembuatan video animasi ini adalah untuk memberikan
edukasi kepada mahasiswa dalam mengelola waktu mereka selama perkuliahan daring.
Dimasa perkuliahan semester 8, penelitian ini difokuskan pada berbagai aspek
pembuatan video animasi, termasuk desain karakter, storyboard, dan animasi 2D
sebagai bagian dari tahapan pipeline animasi. Metode penelitian yang digunakan
adalah deskriptif kualitatif dengan design thinking. Peneliti melakukan teknik
pengumpulan data melalui kuesioner yang melibatkan 30 responden yang merupakan
mahasiswa yang menjalani perkuliahan daring. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
video animasi “KULON” efektif sebagai media edukasi dalam konteks perkuliahan
daring bagi mahasiswa.
Kata Kunci: Animasi, Animasi 2D, Storyboard, Desain Karakter, Manajemen
Waktu, Perkuliahan Daring
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | Maria Ulfa Catur A. S.Pd.MM sebagai Pembimbing I Moses R. Graceivan S.Ds.M.MT sebagai Pembimbing II |
Uncontrolled Keywords: | Keywords: Animation, 2D Animation, Storyboard, Character Design, Time Management, Online Classes Kata Kunci: Animasi, Animasi 2D, Storyboard, Desain Karakter, Manajemen Waktu, Perkuliahan Daring |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan tinggi, unversitas |
Divisions: | Jurusan Desain > Program Studi Animasi |
Depositing User: | Perpustakaan Polimedia |
Date Deposited: | 19 Jun 2025 06:47 |
Last Modified: | 19 Jun 2025 06:47 |
URI: | https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/1071 |