PERANCANGAN 3D MODELING, TEXTURING, RIGGING, DAN 3D ANIMATING PADA VIDEO ANIMASI “KULON”DALAM EDUKASI MANAJEMEN WAKTU PERKULIAHANDARING PADA MAHASISWA

RAFLI RAMDANI MUHAMMAD, MUHAMMAD (2024) PERANCANGAN 3D MODELING, TEXTURING, RIGGING, DAN 3D ANIMATING PADA VIDEO ANIMASI “KULON”DALAM EDUKASI MANAJEMEN WAKTU PERKULIAHANDARING PADA MAHASISWA. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of PERANCANGAN 3D MODELING, TEXTURING, RIGGING, DAN 3D ANIMATING PADA VIDEO ANIMASI “KULON”DALAM EDUKASI MANAJEMEN WAKTU PERKULIAHANDARING PADA MAHASISWA] Text (PERANCANGAN 3D MODELING, TEXTURING, RIGGING, DAN 3D ANIMATING PADA VIDEO ANIMASI “KULON”DALAM EDUKASI MANAJEMEN WAKTU PERKULIAHANDARING PADA MAHASISWA)
LAPORAN TUGAS AKHIR_MUHAMMAD RAFLI RAMDANI_20230091_ANIMASI-1-13.pdf

Download (744kB)

Abstract

ABSTRAK
This research discusses the design of an animated video entitled “KULON”as amedium for educating students on time management during online classes. Thepurpose of this animation video project is to educate students on managingtheirtime management during online learning. The study was conducted during the 8thsemester, focusing on various aspects of the animation production process, including Script Writing, 3D Modeling, Texturing, Rigging, and 3DAnimate Theresearch utilized a qualitative descriptive method with a design thinkingframework. The data was collected through a questionnaire involving30respondents who are students currently engaged in online classes. The results of
the study demonstrate that the “KULON” animated video is an ef ectiveeducational tool for students in the context of online learning. Keywords: Animation, 3D Animation, Rigging, Texturing, 3D Modeling, Script, Time Management, Online Classes
Penelitian ini membahas perancangan video animasi berjudul “KULON” sebagai
media edukasi untuk membantu mahasiswa dalam manajemen waktu selamaperkuliahan daring. Tujuan dari pembuatan video animasi ini adalah untukmemberikan edukasi kepada mahasiswa dalam mengelola waktu mereka selamaperkuliahan daring. Dimasa perkuliahan semester 8, penelitian ini difokuskanpada berbagai aspek pembuatan video animasi, termasuk dalampenulisan Script, 3D Modeling, Texturing, Rigging, dan 3D Animate sebagai bagian dari tahapanpipeline animasi. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif
dengan design thinking. Peneliti melakukan teknik pengumpulan data melalui
kuesioner yang melibatkan 30 responden yang merupakan mahasiswa yangmenjalani perkuliahan daring. Hasil penelitian menunjukkan bahwa video animasi “KULON” efektif sebagai media edukasi dalam konteks perkuliahan daringbagi
mahasiswa. Kata Kunci: Animasi, Animasi 3D, Rigging, Texturing, 3D Modeling, Script, Manajemen Waktu, Perkuliahan Daring

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Maria Ulfah Afriasih S.Pd.MM, Moses R. Graceivan S.Ds.M.MT
Uncontrolled Keywords: Keywords: Animation, 3D Animation, Rigging, Texturing, 3D Modeling, Script, Time Management, Online Classes Kata Kunci: Animasi, Animasi 3D, Rigging, Texturing, 3D Modeling, Script, Manajemen Waktu, Perkuliahan Daring
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan tinggi, unversitas
Divisions: Jurusan Desain > Program Studi Animasi
Depositing User: Perpustakaan Polimedia
Date Deposited: 24 Jun 2025 01:41
Last Modified: 24 Jun 2025 01:41
URI: https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/1079

Actions (login required)

View Item
View Item