EFEKTIVITAS MEDIA SOSIAL INSTAGRAM BAGI GENERASI Z PADA PEMASARAN PRODUK COFFEE SHOP KOPLO DI JAKARTA

MARWAH, TITI (2024) EFEKTIVITAS MEDIA SOSIAL INSTAGRAM BAGI GENERASI Z PADA PEMASARAN PRODUK COFFEE SHOP KOPLO DI JAKARTA. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of EFEKTIVITAS MEDIA SOSIAL INSTAGRAM BAGI GENERASI Z PADA PEMASARAN PRODUK COFFEE SHOP KOPLO DI JAKARTA] Text (EFEKTIVITAS MEDIA SOSIAL INSTAGRAM BAGI GENERASI Z PADA PEMASARAN PRODUK COFFEE SHOP KOPLO DI JAKARTA)
Skripsi_Titi Marwah_20700072-1-12 (1).pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

ABSTRACT
The intense competition in marketing various café products through Instagram in
today's technological era remains a significant challenge for café entrepreneurs
trying to capture and win the increasingly tight market, especially when targeting
Generation Z consumers. Therefore, to gain and secure market share, café owners
need to assess the effectiveness of their Instagram accounts in promoting their
products. This study aims to evaluate the effectiveness of Instagram in marketing
Koplo Coffee Shop products to Generation Z in Jakarta, using content marketing
theory (Kotler, 2019) and effectiveness measurement through media analysis. The
research employs a qualitative approach, involving six respondents, including café
owners, café employees, and Generation Z visitors at Koplo Coffee. Data collection
was conducted through semi-structured interviews, documentation, and literature
review. The findings reveal that Koplo Coffee's Instagram has not been effective in
reaching its Generation Z target market and has been inconsistent in producing
engaging and relevant content.
Keywords: Marketing, Social Media, Cafe. Generation Z.
ABSTRAK
Tingginya persaingan dalam pemasaran berbagai produk kafe melalui media sosial
Instagram di era teknologi ini, masih menjadi tantangan besar bagi para pebisnis
kafe untuk memenangkan pasar yang semakin ketat, terutama untuk menarik pasar
generasi Z. Oleh karena itu, untuk meraih dan memenangkan pangsa pasar, pebisnis
kafe harus mengetahui seberapa efektif akun media sosial Instagram mereka dalam
memasarkan produk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media
sosial Instagram bagi generasi Z dalam memasarkan produk Koplo Coffee Shop di
Jakarta dengan menggunakan teori content marketing (Kotler, 2019) dan
pengukuran efektivitas melalui media analisis. Penelitian ini menggunakan metode
kualitatif dengan melibatkan 6 orang responden, yang terdiri dari pemilik kafe,
karyawan kafe dan pengunjung generasi Z di Koplo Coffee. Pengumpulan data
dilakukan melalui wawancara semi-terstruktur, dokumentasi dan studi pustaka.
Berdasarkan data yang terkumpul, ditemukan bahwa Instagram Koplo Coffee
belum efektif dalam menjangkau target pasar generasi Z serta kurang konsisten
dalam menghasilkan konten yang menarik dan relevan.
Kata Kunci: Pemasaran, Media Sosial, Kafe, Generasi Z.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Maria Ulfah Catur Afriasih, S.Pd., M.M., Dosen Pembimbing satu. Rr. Christiana Mayang Anggraeni, Stj, S.Pd., M.Pd., Dosen Pembimbing dua.
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan tinggi, unversitas
Divisions: Jurusan Pariwisata > Program Studi Pengelolaan Perhotelan
Depositing User: Perpustakaan Polimedia
Date Deposited: 13 Feb 2025 07:19
Last Modified: 13 Feb 2025 07:19
URI: https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/116

Actions (login required)

View Item
View Item