Rizki Febriyana, Nadira (2024) PENGARUH AKTIVITAS DAN AMENITAS WISATA TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG WISATAWAN DI PUSAT PRIMATA SCHMUTZER TAMAN MARGASATWA RAGUNAN. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.
![PENGARUH AKTIVITAS DAN AMENITAS WISATA TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG WISATAWAN DI PUSAT PRIMATA SCHMUTZER TAMAN MARGASATWA RAGUNAN [thumbnail of PENGARUH AKTIVITAS DAN AMENITAS WISATA TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG WISATAWAN DI PUSAT PRIMATA SCHMUTZER TAMAN MARGASATWA RAGUNAN]](https://repository.polimedia.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Final Skripsi Nadira R.F-1-13.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (847kB)
Abstract
The Schmutzer Primate Center is an educational tourism destination in the
Ragunan Wildlife Park area. It is often chosen as a vacation spot by residents of
the capital city and its surroundings. However, in the long term, the activities and
amenities available are less than optimal and their quality decreases. Therefore,
the aim of this research is to determine the impact of tourist activities and amenities
on visitors' decisions to visit the Schmutzer Primate Center. This research used a
quantitative descriptive design and a sample size of 100 people who had visited the
Schmutzer Primate Center. Based on the research results, it can be concluded that
tourist activities and amenities have a significant positive influence (t count 6.354
> t table 1.661, significance 0.00). Apart from that, tourism activities have a
beneficial influence (t count 5.104 > t table 1.661, significance 0.00). Both tourist
activities and tourist amenities have a positive and significant effect on tourists'
decisions to visit the Schmutzer Primate Center at Ragunan Wildlife Park, Jakarta,
based on significant F test results (F-count 31.538 > 3.09, significance 0.00).
Therefore, it tends to be assumed that to some extent, Theories H1 and H2 are
recognized, while at the same time, Speculation H3 is also recognized with a
positive relapse coefficient of 0.676
Keywords: Tourism Activity, Tourism Amenity,Travel’s Decision
Pusat Primata Schmutzer merupakan destinasi wisata edukasi di Kawasan
Taman Margasatwa Ragunan yang sering dipilih sebagai tempat berlibur oleh
warga ibu kota dan sekitarnya. Namun dalam jangka panjang, aktivitas dan
amenitas yang tersedia kurang maksimal dan kualitasnya menurun. Oleh karena itu,
tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak aktivitas dan amenitas wisata
terhadap keputusan pengunjung untuk mengunjungi Pusat Primata Schmutzer.
Penelitian ini menggunakan desain deskriptif kuantitatif dan jumlah sampel
sebanyak 100 orang yang pernah mengunjungi Pusat Primata Schmutzer.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa aktivitas dan amenitas
wisata mempunyai pengaruh positif signifikan (t hitung 6,354 > t tabel 1,661,
signifikansi 0,00). Selain itu, aktivitas wisata mempunyai pengaruh yang
menguntungkan (t hitung 5,104 > t tabel 1,661, signifikansi 0,00). Baik aktivitas
wisata maupun amenitas wisata berpengaruh positif dan signifikan terhadap
keputusan wisatawan berkunjung ke Pusat Primata Schmutzer di Taman
Margasatwa Ragunan Jakarta, berdasarkan hasil uji F yang signifikan (F-hitung
31,538 > 3,09, signifikansi 0,00). Oleh karena itu, cenderung diasumsikan bahwa
sampai batas tertentu, Teori H1 dan H2 diakui, sementara pada saat yang sama,
Spekulasi H3 juga diakui dengan koefisien relaps positif senilai 0,676
Kata Kunci: Aktivitas Wisata, Amenitas Wisata, Keputusan Wisatawan, Pusat
Primata Schmutzer.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | Swastono Putro Prastyo, S.Par., M.Par, Selaku Pembimbing 1 Muhammad Ridwan, S,Kom.,MM. Selaku Pembimbing 2. |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 330 Ekonomi 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan |
Divisions: | Jurusan Pariwisata > Program Studi Pengelolaan Perhotelan |
Depositing User: | Perpustakaan Polimedia |
Date Deposited: | 11 Feb 2025 03:41 |
Last Modified: | 11 Feb 2025 03:41 |
URI: | https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/12 |