PENGARUH MOTIVASI WISATAWAN TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG KE RUANG KREATIF PUBLIK M BLOC SPACE JAKARTA

Kemal Pasha Hidayat, Muhammad (2024) PENGARUH MOTIVASI WISATAWAN TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG KE RUANG KREATIF PUBLIK M BLOC SPACE JAKARTA. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of PENGARUH MOTIVASI WISATAWAN TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG KE RUANG KREATIF PUBLIK M BLOC SPACE JAKARTA] Text (PENGARUH MOTIVASI WISATAWAN TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG KE RUANG KREATIF PUBLIK M BLOC SPACE JAKARTA)
TA FIX KEMAL PASHA 20700048-1-15.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (726kB)

Abstract

ABSTRACT
Public Creative Space M Bloc Space in Blok M is a popular area visited as a
gathering point for trendy teenagers in DKI Jakarta. The problem to be studied
concerns the push and pull factors present at M Bloc Space Jakarta and the
influence of tourist motivation on the decision to visit M Bloc Space Jakarta. The
aim of this research is to identify the push and pull factors at M Bloc Space Jakarta
and to determine the influence of tourist motivation on the decision to visit M Bloc
Space Jakarta. The method used in this research is quantitative, with data obtained
through observation and questionnaires. The results found in this study indicate
that the push and pull factors include cafes, bars, food courts, music entertainment,
and a representative place for young people. There is a significant influence
between the motivation variable and the visiting decision variable, with a
significance level of 0.000, which is less than 0.05. The influence of tourist
motivation on the decision to visit is 50.6%.
Keywords:
M Bloc Space Jakarta, Push and Pull Factors, Tourist Motivation.
ABSTRAK
Ruang Pulik Kreatif M Bloc Space di Blok M merupakan kawasan yang
banyak di kunjungi sebagai titik berkumpulnya remaja gaul di DKI Jakarta.
Permasalahan yang akan di teliti adalah menganai push and pull factor yang
terdapat di M Bloc Space Jakarta dan pengaruh motivasi wisatawan terhadap
keputusan berkunjung ke M Bloc Space Jakarta. Tujuan dari penelitian ini
mengetahui push and pull factor yang ada di M Bloc Space Jakarta dan untuk
mengetahui pengaruh motivasi wisatawan terhadap keputusan berkunjung ke M
Bloc Space Jakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
kuantitatif, data yang diperoleh melalui observasi dan kuisioner. Hasil yang
ditemukan dalam penelitian ini bahwa push and pull terdapat caffe, bar,
pujasera, hiburan berupa musik, tempat yang representatif untuk anak muda. dan
terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel motivasi dan variabel
keputung berkunjung sejumlah sebesar 0,000 yang lebih kecil dari 0,05.
Besarnya pengaruh motivasi wisatawan terhadap keputusan berkunjung adalah
sebesar 50,6%,
Kata Kunci :
M Bloc Space Jakarta, Push and Pull Factor, Motivasi Wisatawan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Swastono Putro Pirastyo , S.Par, M.Par., sebagai pembimbing 1 Dr. Atiek Rohmiyati, M.Pd. sebagai pembimbing 2
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan tinggi, unversitas
Divisions: Jurusan Pariwisata > Program Studi Pengelolaan Perhotelan
Depositing User: Perpustakaan Polimedia
Date Deposited: 13 Feb 2025 07:59
Last Modified: 13 Feb 2025 07:59
URI: https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/121

Actions (login required)

View Item
View Item