PENGEMBANGAN VIRTUAL REALITY INTERAKTIF TANGGAP BENCANA GEMPA BUMI DI POLITEKNIK NEGERI MEDIA KREATIF JAKARTA BERBASIS ANDROID DENGAN METODE MDLC

Raka Tauzan, Muhammad (2025) PENGEMBANGAN VIRTUAL REALITY INTERAKTIF TANGGAP BENCANA GEMPA BUMI DI POLITEKNIK NEGERI MEDIA KREATIF JAKARTA BERBASIS ANDROID DENGAN METODE MDLC. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of Pengembangan Virtual Reality Interaktif Tanggap Bencana Gempa Bumi Di Politeknik Negeri Media Kreatif Jakarta Berbasis Android Dengan Metode MDLC] Text (Pengembangan Virtual Reality Interaktif Tanggap Bencana Gempa Bumi Di Politeknik Negeri Media Kreatif Jakarta Berbasis Android Dengan Metode MDLC)
PENGEMBANGAN VIRTUAL REALITY INTERAKTIF TANGGAP BENCANA GEMPA BUMI DI POLITEKNIK NEGERI MEDIA KREATIF JAKARTA BERBASIS ANDROID DENGAN METODE MDLC.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Rendahnya tingkat kesiapsiagaan dan pemahaman mahasiswa Politeknik Negeri Media Kreatif (Polimedia) Jakarta terhadap mitigasi bencana gempa bumi menjadi masalah krusial, diperkuat oleh data survei yang menunjukkan 63,33% mahasiswa merasa belum siap dan metode edukasi konvensional dinilai kurang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengembangkan sebuah aplikasi Virtual Reality (VR) interaktif berbasis Google Cardboard sebagai media pembelajaran simulasi tanggap bencana gempa bumi yang imersif dan relevan dengan lingkungan kampus Polimedia. Pengembangan aplikasi ini menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang mencakup enam tahapan: konsep, desain, pengumpulan materi, perakitan, pengujian, dan distribusi. Aplikasi dibangun menggunakan game engine Unity 3D dan Google Cardboard SDK untuk dapat dijalankan pada perangkat Android yang mendukung VR. Berdasarkan hasil pengujian alpha dan beta yang melibatkan mahasiswa, aplikasi ini dinilai “Sangat Layak” dengan skor kelayakan 94,29% dan terbukti dapat meningkatkan pemahaman serta kesiapsiagaan mahasiswa dalam menghadapi gempa bumi melalui simulasi prosedur evakuasi yang visual dan praktis.

The low level of preparedness and understanding of earthquake disaster mitigation among students at Politeknik Negeri Media Kreatif (Polimedia) Jakarta presents a critical issue, supported by survey data indicating that 63.33% of students feel unprepared and conventional educational methods are considered ineffective. This research aims to design and develop an interactive Virtual Reality (VR) application using Google Cardboard as an immersive and contextually relevant learning medium for earthquake disaster response simulation within the Polimedia campus environment. The application was developed using the Multimedia Development Life Cycle (MDLC) method, which consists of six stages: concept, design, material collecting, assembly, testing, and distribution. It was built on the Unity 3D game engine with the Google Cardboard SDK for compatibility with VR-supported Android devices. Based on the results of alpha and beta testing involving students, the application was rated "Very Feasible" with a feasibility score of 94.29% and was proven to significantly enhance student understanding and preparedness for earthquakes through visual and practical simulations of evacuation procedures.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1. Nofiandri Setyasmara, ST., MT., Sebagai Pembimbing I; 2. Eka Desy Asgawanti, S.S., M.Pd., Sebagai Pembimbing II;
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Virtual Reality, Google Cardboard, mitigasi gempa bumi, edukasi, MDLC Keywords: Virtual Reality, Google Cardboard, earthquake mitigation, education, MDLC
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 600 Teknologi (ilmu terapan) > 600 Teknologi
Divisions: Jurusan Desain > Program Studi Teknologi Rekayasa Multimedia
Depositing User: MUHAMMAD RAKA TAUZAN
Date Deposited: 08 Aug 2025 04:41
Last Modified: 08 Aug 2025 04:41
URI: https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/1272

Actions (login required)

View Item
View Item