Pengembangan Media Pembelajaran Prasasti Berbasis Virtual Reality untuk Siswa Sekolah Dasar Negeri Limo 03 Menggunakan Metode MDLC

Anggadinata, Almyra Zalfa (2025) Pengembangan Media Pembelajaran Prasasti Berbasis Virtual Reality untuk Siswa Sekolah Dasar Negeri Limo 03 Menggunakan Metode MDLC. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of Pengembangan Media Pembelajaran Prasasti Berbasis Virtual Reality untuk Siswa Sekolah Dasar Negeri Limo 03 Menggunakan Metode MDLC] Text (Pengembangan Media Pembelajaran Prasasti Berbasis Virtual Reality untuk Siswa Sekolah Dasar Negeri Limo 03 Menggunakan Metode MDLC)
Pengembangan Media Pembelajaran Prasasti Berbasis Virtual Reality untuk Siswa Sekolah Dasar Negeri Limo 03 Menggunakan Metode MDLC.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (966kB)

Abstract

History learning in elementary schools still often relies on conventional media that lack engagement and visual exploration. To address this, a Virtual Reality (VR)-based educational media was developed in the form of a 3D virtual museum showcasing 11 historical inscriptions from Indonesia. Theoretical foundations include Virtual Reality, 3D visualization, interactive learning media, and the introduction of inscription-based historical heritage. The development method used is the Multimedia Development Life Cycle (MDLC), consisting of concept, design, material collecting, assembly, testing, and distribution stages. The application features audio narration, informational pop-ups, and navigation using Google Cardboard. Testing was conducted through alpha testing with the black box method and beta testing involving 15 fourth-grade students selected via purposive sampling. Evaluation was carried out through pre-tests, post-tests, and Likert-scale questionnaires. The results showed a 38.33 increase in learning outcomes and a questionnaire score of 87.78% in the very good category, indicating that the application is effective as a historical learning medium.
Keywords: Virtual Reality, Inscriptions, Educational Media, MDLC

Pembelajaran sejarah di tingkat Sekolah Dasar masih banyak menggunakan media konvensional yang kurang menarik dan belum mendukung eksplorasi visual siswa. Untuk mengatasi hal tersebut, dikembangkan media pembelajaran berbasis Virtual Reality (VR) berupa museum virtual 3D yang menampilkan 11 prasasti bersejarah Indonesia. Teori yang digunakan meliputi konsep Virtual Reality, visualisasi 3D, media pembelajaran interaktif, dan pengenalan peninggalan sejarah prasasti. Pengembangan dilakukan menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang terdiri dari tahapan concept, design, material collecting, assembly, testing, dan distribution. Aplikasi dilengkapi dengan pop-up informasi, narasi audio, dan navigasi menggunakan perangkat Google Cardboard. Pengujian dilakukan melalui alpha testing dengan metode black box serta beta testing kepada 15 siswa kelas IV yang dipilih secara purposive. Evaluasi dilakukan melalui pre-test, post-test, dan kuesioner skala Likert. Hasil pengujian menunjukkan peningkatan nilai sebesar 38,33, serta skor kuesioner sebesar 87,78% yang termasuk kategori sangat baik, sehingga aplikasi ini dinilai efektif sebagai media pembelajaran sejarah.
Kata kunci: Virtual Reality, Prasasti, Media Pembelajaran, MDLC

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1. Nofiandri Setyasmara, S.T., M.Ak., M.T., sebagai Dosen Pembimbing 1 2. Prily Fitria Aziz, S.Kom., M.Kom., sebagai Dosen Pembimbing 2
Uncontrolled Keywords: Virtual Reality, Inscriptions, Educational Media, MDLC Virtual Reality, Prasasti, Media Pembelajaran, MDLC
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 600 Teknologi (ilmu terapan) > 600 Teknologi
Divisions: Jurusan Desain > Program Studi Teknologi Rekayasa Multimedia
Depositing User: Almyra Zalfa Anggadinata
Date Deposited: 19 Aug 2025 06:42
Last Modified: 19 Aug 2025 06:42
URI: https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/1274

Actions (login required)

View Item
View Item