Peran Produser Dalam Proses Casting Pada Program Tapping Situasi Komedi Berjudul "Ngekost Bukan Kabur"

Chairina Putri, Nabilla (2025) Peran Produser Dalam Proses Casting Pada Program Tapping Situasi Komedi Berjudul "Ngekost Bukan Kabur". Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of Peran Produser Dalam Proses Casting Pada Program Tapping Situasi Komedi Berjudul "Ngekost Bukan Kabur"] Text (Peran Produser Dalam Proses Casting Pada Program Tapping Situasi Komedi Berjudul "Ngekost Bukan Kabur")
LAPORAN TUGAS AKHIR_NabillaCp (1).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (993kB)

Abstract

Television is one of the most enduring forms of entertainment media, continually evolving in how it presents content including situation comedy (sitcom) programs. Sitcoms with coming-of-age and friendship themes are especially relevant to the lives of Generation Z, who often face pressure from family, social expectations, and culture shock. Based on audience surveys, 96.4% of viewers aged 19-27 enjoy comedy shows that are relatable and carry positive messages. In producing this program the writer served as the producer. According to Latief (2020), a producer is someone who manages all stages of production, from pre-production to production and post-production. In this report, the writer not only carried out production management duties but also developed the creative concept of the program, wrote the script, and arranged the distribution strategy. One of the key processes undertaken was Casting, where the producer selected actors based on the pre-designed character traits relevance to the target audience, and acting abilities that support the style of situation comedy. Data in this report was collected through observation, questionnaires, and literature study. The writing focuses on the conceptual planning of a situation comedy program that is relatable to Generation Z, using a coming-of-age approach. It is hoped that the program will provide both entertainment and inspiration to its viewers.

Keywords: Situation Comedy, Producer, Televisi, Gen Z, Casting

Televisi merupakan salah satu media hiburan yang terus berkembang, termasuk dalam penyajian program situasi komedi (sitkom). Program situasi komedi bertema coming of age dan persahabatan menjadi salah satu konten yang relevan dengan kehidupan Gen Z, yang sering menghadapi tekanan dari keluarga, ekspektasi sosial, serta culture shock. Berdasarkan survei khalayak, sebanyak 96,4% audiens berusia 19-27 tahun menyukai tayangan komedi yang relatable dan sarat pesan positif. Dalam pembuatan program ini, penulis berperan sebagai produser. Produser menurut Latief (2020) adalah seseorang yang mengatur semua tahapan produksi mulai dari pra-produksi, produksi, hingga pasca-produksi. Dalam laporan ini, penulis tidak hanya menjalankan manajemen produksi, tetapi juga merancang konsep kreatif program, menyusun naskah, serta mengatur strategi distribusi. Salah satu proses penting yang dilakukan adalah tahap Casting, di mana produser melakukan seleksi pemain berdasarkan karakter yang telah dirancang, kesesuaian dengan target audiens, serta kemampuan akting yang mendukung gaya komedi situasi. Data dalam laporan ini diperoleh melalui observasi, penyebaran kuesioner, dan studi pustaka. Penulisan berfokus pada perancangan konsep program situasi komedi yang relatable bagi generasi Z, dengan pendekatan coming of age. Harapannya, program ini mampu menjadi tontonan yang menghibur sekaligus memberikan inspirasi positif bagi penontonnya.

Kata Kunci: Situasi Komedi, Produser, Televisi, Gen Z, Casting

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1. Dr. Tipri Rose Kartika, S.E., M.M., sebagai Dosen Pembimbing I; 2. Sjamsul Ma'arif, M.Sn. sebagai Dosen Pembimbing II
Uncontrolled Keywords: Situation Comedy, Producer, Televisi, Gen Z, Casting,Situasi Komedi, Produser, Televisi, Gen Z, Casting
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302 Interaksi sosial
300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 303 Proses sosial
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan tinggi, unversitas
300 – Ilmu Sosial > 380 Perdagangan, komunikasi, dan transportasi > 384 Komunikasi, telekomunikasi
Divisions: Jurusan Penerbitan > Program Studi Penyiaran
Depositing User: Nabilla Chairina Putri
Date Deposited: 06 Aug 2025 02:57
Last Modified: 06 Aug 2025 02:57
URI: https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/1307

Actions (login required)

View Item
View Item